MENU
icon label
image label
blacklogo

Uniknya Kustom Royal Enfield Himalayan Garapan Thrive

APR 23, 2021@12:30 WIB | 330 Views

Royal Enfield Himalayan dikenal sebagai dual-purpose petualang dengan tampilan yang cukup retro. Dengan tampilan tersebut, tak jarang pemiliknya ingin melakukan kustomisasi seperti yang dilakukan Thrive Motorcycle dan Den Dimas. Mereka membuktikan modifikasi ringan membawa hasil epik, dengan tetap mempertahankan komponen originalnya, yang disebut Gemini T-014.

Den Dimas selaku influencer otomotif pemilik basis Himalayan tersebut, memberi tantangan kepada Thrive Motorcycle untuk memodifikasi roda duanya. Dengan syarat, mereka tidak boleh melakukan potong rangka sama sekali.

“Saya sangat tertarik untuk memodifikasi Royal Enfield Himalayan saya, karena saya belum pernah melakukan kustomisasi menggunakan sepeda motor yang memiliki akar British dan jiwa India,” ucap Den Dimas. Dirinya mengakui bahwa Himalayan adalah kanvas sempurna untuk proyek ini karena memiliki jiwa petualang yang kuat, sangat tangguh untuk semua medan, namun tetap memiliki sentuhan klasik ikonik.

Tak hanya itu, tantangan bertambah karena Thrive dan Den Dimas sepakat menggunakan teknologi 3D-printing untuk membentuk cetakan panel unibody guna menghemat usaha serta waktu. Ketika hasil cetakan sudah memenuhi harapan, Thrive menambahkan fiber glass ke seluruh cetakan untuk unibody Himalayan.

Bodywork baru ini sangat sederhana, tetapi memiliki dampak yang besar. Di bagian depan terdapat sepasang fairing samping, yang dirancang untuk mengikat tangki bahan bakar dan kaca depan Himalayan. Bagian belakang adalah unit satu bagian yang menggabungkan panel samping, dudukan kursi, dan spatbor belakang.

Thrive juga menambahkan elemen lain seperti lampu sein THRV terbaru, Footpegs THRV Odipus Mk 2, stang aluminium THRV Scrambler 7/8, knalpot stainless kustom THRV, sistem kunci kursi cetak 3D, brace headlight 3D Printed, tail tidy, undertail cover, dan passenger footstep cover. Hanya parts seperti foglight PIAA, sepasang ban Pirelli Scorpion MT60, drybag Kriega, dan suspensi belakang Öhlins RE907 yang dibeli oleh Thrive.

Barata Dwiputra selaku Co-Founder Thrive Motorcycle yang memimpin desain, menghancurkan cat Royal Enfield dengan corak yang terinspirasi oleh mobil reli Grup B. Thrive memercikkan grafis biru Rothmans ke sepeda, diapit oleh garis pin emas dan merah. Kemudian mereka menyelesaikan bagian-bagian seperti pelek, kuk atas, dan peninggi setang dengan warna emas, memberi motor getaran reli throwback yang tepat.

“Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan spakbor belakang sebagai satu kesatuan,” ujar Barata.“Kami ingin mempelajari seberapa cepat kami dapat bekerja, dan berapa banyak waktu produksi yang dapat kami kurangi dengan mencoba pendekatan semacam ini.Dan mungkin berguna bagi pemilik Himalaya lainnya yang ingin menerapkan pendekatan semacam ini.”

Dijuluki 'Gemini', ini adalah pengerjaan ulang fantastis yang memanfaatkan kekuatan Himalaya. Dan karena Thrive telah secara efektif mencetak biru desainnya, ia menyisakan ruang untuk putaran yang lebih menarik pada tema ini. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kustom royal enfield,
#
royal enfield,
#
motor custom,
#
thrive motorcycle