MENU
icon label
image label
blacklogo

Tunjuk Bos Baru, Huawei Siap Go All-In di Sektor Industri Mobil

MAY 20, 2021@18:00 WIB | 374 Views

Huawei menjadi salah satu perusahaan teknologi yang berinvestasi dalam jumlah besar untuk mengekspansi dunia industri mobil. Alih-alih membangun EV-nya sendiri, Huawei bermitra dengan perusahaan lain untuk bertanggung jawab atas perangkat lunak dan bagian teknologi model baru.

Raksasa teknologi China itu melihat ekspansi bisnisnya di sektor otomotif sebagai prioritas utama dalam jangka panjang. Bukti nyata dalam hal ini adalah perubahan manajemen tertinggi baru-baru ini yang belakangan terungkap dalam memo internal yang diperoleh kantor berita Bloomberg.

Richard Yu, orang yang mengubah Huawei menjadi pemimpin dalam bisnis elektronik konsumen, akan bertanggung jawab atas unit solusi mobil pintar perusahaan sekaligus melepaskan peran CEO dari grup Cloud.

Yu bergabung dengan dorongan mobil menunjukkan betapa pentingnya strategi khusus ini bagi Huawei dalam jangka panjang, terutama karena unit teleponnya masih berjuang dengan sanksi yang diberlakukan di Amerika Serikat. Huawei adalah salah satu perusahaan di Daftar Entitas Amerika Serikat dan oleh karena itu diblokir dari bekerja dengan mitra Amerika dan menggunakan produk mereka, baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras.

Akibatnya, Huawei tidak dapat lagi menggunakan versi lisensi Android dan layanan Google di smartphone-nya. Itu telah menyebabkan penurunan besar dalam penjualan global pada kuartal terakhir. Namun, Huawei sekarang mengalihkan perhatiannya ke pasar mobil, di mana ia berencana untuk bersaing dengan raksasa teknologi lain yang memperluas arah ini.

Di sisi lain, Xiaomi juga telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan $ 10 miliar dalam menciptakan EV, sementara Apple juga bekerja keras untuk menyelesaikan pengembangan mobil listriknya, dengan perusahaan tersebut berharap untuk rilis paling cepat pada tahun 2024 atau 2025.

Huawei sendiri siap menghabiskan tidak kurang dari $ 1 miliar untuk teknologi mobil pintar tahun ini saja, dengan Yu sendiri baru-baru ini mengakui bahwa pindah ke mobil adalah cara untuk mengimbangi penurunan laba dari smartphone, yang sebagian besar disebabkan oleh sanksi AS. [asl/timBX]

Tags :

#
huawei,
#
kendaraan listrik,
#
mobil listrik huawei,
#
ev