MENU
icon label
image label
blacklogo

Transisi dari WSBK ke MotoGP, Jonathan Rea: “Itu Sangat Sulit”

NOV 07, 2021@09:00 WIB | 256 Views

Jonathan Rea yakin hari-hari para rider yang melakukan peralihan sempurna dari World Superbikes ke MotoGP telah berakhir, di tengah spekulasi Toprak Razgatlioglu yang akan pindah pada 2023.

Rea meraih enam gelar juara dunia berturut-turut bersama Kawasaki di WSBK sejak 2015. Saat beberapa rider seperti seperti Colin Edwards, Troy Bayliss, Ben Spies dan Cal Crutchlow menjalani pergantian yang relatif sukses, kini peralihan rider dari WSBK ke MotoGP hanya terbatas pada acara wildcard yang belum menghasilkan kesepakatan penuh waktu.

Rea pun pernah menjalani dua balapan di MotoGP dengan tim Repsol Honda untuk menggantikan Casey Stoner pada 2012, tetapi meskipun ada spekulasi tentang kepindahan ke balap grand prix, dia selalu memilih untuk tetap di WSBK. Munculnya Razgatlioglu sebagai pesaing utama Rea tahun ini telah menarik minat beberapa tim MotoGP. Namun rider Turki itu kabarnya menolak pindah ke RNF (tim satelit Yamaha di MotoGP) demi bertahan di WSBK.

Dengan kontrak yang berjalan hingga 2023, ternyata rider Yamaha WSBK itu membuka peluang pindah ke MotoGP. Dan melihat berbagai rumor yang beredar, Jonathan Rea pun memberi tanggapan. “Saya pikir level MotoGP saat ini sangat tinggi,” kata Jonathan Rea kepada awak media. “Lihat apa yang dilakukan Crutchlow (sebagai pengganti Franco Morbidelli yang cedera). Lihatlah Jake Dixon di Silverstone.

“Orang-orang ini sangat cepat. Lihatlah Marc Marquez, dia menghabiskan sebagian besar musim lalu karena cedera dan bahkan baginya sangat sulit. Ada kesenjangan yang sangat kecil antara yang terbaik dan terburuk. Setiap balapan menunjukkan sisi kompetitif dan bahkan tim satelit bisa menjadi ancaman bagi tim pabrik. Ini semua jauh berbeda dibandingkan 10 tahun lalu. Saat saya melakukannya bersama Honda, rider terdepan dan yang ada di posisi tujuh berjarak sekitar 30 detik.” [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
jonathan rea,
#
wsbk,
#
world superbike,
#
motogp