MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Supra 2023 Terungkap, Punya Gearbox Manual dan A91-MT Edition

MAY 05, 2022@17:00 WIB | 498 Views

Sport coupe ini mengurangi berat bodi dan mendapatkan fungsi Hairpin+.

Akhirnya, Toyota Supra bisa dipacu dengan dukungan kecepatan di atas rata-rata. Model tahun 2023 telah tiba, lengkap dengan pedal kopling. Bahkan sebelum memasuki kabin, pengguna dapat mengetahui bahwa itu adalah model 6MT dari tulisan "Supra" berwarna merah di bemper belakang. 

Disebut-sebut sebagai pengembangan baru, gearbox manual dirancang khusus untuk mesin 3.0 liter. Meski tidak disebutkan dalam siaran pers AS, dokumen Eropa menyebutkan ada pengurangan berat hampir 40 kilogram. Pasalnya, untuk pasar Eropa mendapatkan versi ringan dengan velg 19 inci yang menghemat bobot. Pengurangan berat juga terdiri dari melepas jok kulit, penyesuaian daya, dan penyangga pinggang.

Pihak Toyota juga mengatakan ‘Transmisi Manual Cerdas (iMT)’ memiliki fitur perangkat lunak yang dipesan lebih dahulu untuk memprioritaskan kinerja. Bagaimana cara kerjanya? Torsi mesin lebih dioptimalkan saat pengguna menekan dan kemudian melepaskan pedal kopling selama perpindahan gigi ke atas. 

Kinerja yang konsisten diberikan saat pemindahan gigi turun, tetapi pengguna dapat mematikan iMT dengan mengaktifkan mode Sport. Sementara Supra yang dilengkapi transmisi otomatis memiliki rasio final drive 3.15, untuk varian manual baru menjadi 3,46 untuk akselerasi take-off dan in-gear yang lebih baik. 

Toyota melangkah lebih jauh dengan menggambarkan kenop persneling, yang beratnya 200 gram dan memiliki rasio tuas yang dikembangkan untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk mengganti persneling. Untuk Supra manual, konsol dan lokasi pemilih mode drive sedikit diubah untuk menciptakan jarak 1,7 inci antara tombol dan kenop shift.

Versi A91-MT baru untuk 2023 hadir secara eksklusif dengan manual dan memiliki semua kelebihan premium, tetapi dengan jok kulit Cognac dan kenop shift yang dibungkus Alcantara. Model khusus terbatas pada 500 mobil yang dicat dengan warna CU Later Grey atau Matte White. A91-MT hanya tersedia di AS dan dilengkapi dengan sistem suara JBL 12-speaker baru yang ditawarkan sebagai standar pada trim Premium juga.

Ada lebih banyak perubahan model gearbox manual dan edisi khusus karena Toyota telah lebih jauh mengubah suspensi dan kemudi serta mode Track untuk drift yang lebih mudah. Menariknya, sekarang ada fungsi Hairpin+ untuk memungkinkan perbedaan tingkat putaran roda yang lebih besar untuk membuat jalan berkelok-kelok lebih menyenangkan. Toyota akan menaruh Supra 2023 di dealer akhir tahun ini, dengan rincian harga akan diumumkan pada waktunya. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota supra,
#
toyota