MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Recall Hampir 700.000 Ribu Unit Terkait Masalah Pompa Bahan Bakar

JAN 16, 2020@08:00 WIB | 331 Views

Toyota minggu ini telah melakukan recall besar-besaran. Sekitar 700 ribu unit mobil di Amerika Serikat yang terindikasi masalah pompa bahan bakar yang rusak.  Karena akibatnya yang begitu fatal, saat mobil mogok karena suplay bahan bakar terhenti. Yang ditimbulkan kemungkinan terbesarnya adalah kecelakaan.

Toyota Amerika Serikat menyebutnya sebagai “Safety Recall”, yang diumumkan sejak 13 Januari 2020 kemarin. Varian yang direcall antara lain beberapa produk mulai dari tahun 2018-2019, seperti varian Lexus LS500, LC500, RC 350, RC 300, GS 350, IS 300, ES 350, LX 570, GX 460 dan RX 350.  Untuk varian  keluaran 2019 antara lain Lexus NX 300, RX 350L dan GS300.  Sedangkan produk dengan rentang produksi 2018-2019, melibatkan beberapa varian atnara lain Toyota 4Runner, Camry, Highlander, Land Cruiser, Sequoia, Sienna, Tacoma dan Tundra.  Termasuk diantaranya Toyota Avalon dan Corolla yang dibuat tahun 2019.

“Jumlah unitnya mencapai 696.000 yang terlibat dalam recall tersebut. Jumlah tersebut termasuk kemungkinan pompa bahan bakar yang berpotensi berhenti bekerja tidak sebagai mana mestinya,” tutur Toyota dilansir dari laman Digitaltrends.com.

Lanjutnya, potensi yang ditimbulkan adalah meningkatnya risiko kecelakaan. “Jika kemungkinan itu terjadi, diaman fuel pump tidak bekerja, maka lampu warning dan message akan muncul di panel instrument. Yang dirasakan pengemudi adalah kinerja mesin yang kasar,” jelas pihak Toyota melalui keterangan tertulis di web Toyota.

“Jika diteruskan kemungkinan bakal menyebabkan mobil mogok, dan tidak mungkin untuk menyala kembali. Terlebih saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, kemungkinan risiko kecelakaan bakal terbuka lebar.”

Hingga saat ini pihak Toyota sedang menyelidiki masalah ini, dan berencana mengembangkan sebuah solusi, ketika situasi tersebut terjadi. Jika part sudah tersedia, semua pemilik varian Toyota dan Lexus yang disebut diatas bakal diberitahukan secara resmi paling lambat Maret 2020.  Owner mobil bisa membawa ke dealer terdekat untuk perbaikan yang diperlukan, tentunya tanpa beban biaya.

Belum diketahui apakah masalah yang sama terjadi pada produk Lexus dan Toyota yang beredar di Indonesia. Namun para pelanggan bisa mengakses Toyota.com/recall atau nhtsa.gov/recall dengan memasukkan nomor identifikasi kendaraan. Sebelumnya beredar recall atas airbag Takata yang juga terjadi di wilayah Amerika Serikat dan belum ada keterangan resmi dari Toyota Astra Motor. [Ahs/timBX]

Tags :

#
toyota astra motor,
#
toyota,
#
lexus