MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Perkenalkan Mobil Baru GR Yaris Rally

NOV 30, 2020@15:00 WIB | 376 Views

Berbasiskan Toyota GR Yaris road-going itu akan membuat debut kompetisinya tahun depan. Toyota Yaris itu membunuh untuk model tahun 2021 di AS, yang merupakan rasa malu yang luar biasa karena itu berarti kita tidak akan dapat mengalami salah satu yang paling hatchback panas yang menarik di tahun 2020 yaitu: GR Yaris.

Dirancang dan direkayasa oleh Gazoo Racing dan Tommi Makinen Racing, GR Yaris adalah mobil reli untuk jalan raya dan dibuat sebagai homologasi khusus untuk mobil reli WRC baru Toyota. Sayangnya, Toyota harus meninggalkan rencananya untuk memasuki versi reli dari GR Yaris pada musim WRC 2020 karena masalah keuangan yang ditimbulkan oleh pandemi tersebut. Alhasil, mobil reli Yaris yang berlaga di WRC tahun ini didasarkan pada model generasi sebelumnya.

Semua tidak kalah, bagaimanapun, karena GR Yaris yang baru masih akan melakukan reli di Australia untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukannya. Toyota telah mengungkapkan mobil reli GR Yaris AP4 baru yang akan bersaing di Kejuaraan Reli Australia 2021. Ini bisa menjadi satu-satunya kesempatan melihat GR Yaris yang didukung pabrik melakukan apa yang dirancang.

Berdasarkan mobil jalan raya GR Yaris, Yaris AP4 dikembangkan bekerja sama dengan Neal Bates Motorsport yang dijalankan oleh juara reli Australia empat kali Neal Bates, yang mengelola tim reli Toyota Gazoo Racing Australia. Toyota mulai bekerja dengan NBM pada GR Yaris AP4 baru pada Maret 2020, menggunakan teknologi realitas virtual untuk bereksperimen dengan konsep desain bodi yang berbeda. Komponen kemudian disempurnakan lebih lanjut menggunakan desain digital untuk memenuhi peraturan reli AP4.

Modifikasi eksterior yang dilakukan pada GR Yaris spesifikasi reli termasuk lengkungan roda yang lebih lebar, ventilasi baru diterapkan pada kap mesin, dan sayap belakang yang dipasang di atap. "Tidak ada kompromi, ini adalah mobil balap, ini bukan untuk gaya meskipun kami ingin membuatnya terlihat sebagus mungkin dan itu adalah bagian dari filosofi GR, ini semua tentang kecantikan fungsional," kata kepala desainer Toyota Australia Nic Hogios.

Mobil reli tersebut diharapkan memiliki powertrain yang sama dengan saudara kandungnya, yang mengemas mesin 1.6 liter turbocharged yang menghasilkan hingga 268 hp dan torsi 272 lb-ft. Karena mobil jalan raya hanya memiliki berat 2.822 pound, 0-62 mph membutuhkan waktu kurang dari 5,5 detik sebelum GR Yaris mencapai kecepatan maksimal 143 mph (sekitar 230 km/jam. Kini setelah desainnya selesai, Neal Bates Motorsport saat ini sedang membangun dua Yaris AP4 untuk persiapan debut kompetisi mobil tersebut di Australian Rally Championship 2021 Maret mendatang. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
mobil baru toyota,
#
gr yaris rally