MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Menjawab Tantangan Regulasi Emisi

JAN 28, 2017@19:00 WIB | 267 Views

Menanggapi regulasi baru tentang pengaturan emisi yang lebih ketat, dibalik kemacetan jalan yang semakin parah, produsen mobil dituntut menggali cara cerdas untuk menghemat bahan bakar. Salah satu produsen yang siap dengan regulasi tersebut adalah pabrikan mobil Toyota dengan mesin 1,5 liter untuk Yaris.

Meskipun beberapa brand terjebak downsized layaknya turbocharged untuk kinerja dan efisiensi, mesin baru Yaris sebenarnya 200cc lebih besar dari versi lamanya. Dengan mempertahankan naturally aspirated, mengabaikan turbocharge pada setiap engine block.

Power mesin naik dari 84 hp ke 111 hp pada mesin baru. Sedangkan puncak torsi 136 Nm atau 15 Nm lebih besar dari versi sebelumnya. Berkat mesin baru ini, butuh 11 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj dari keadaan berhenti. Ada peningkatan sekitar 0,8 detik. Kinerja mesin antara 80 dan 120 kpj juga meningkat, meski tidak untuk kebutuhan sport seperti drag.

Kompresi ratio 13:5:1, memungkinkan piston dan ruang pembakaran rancangan baru untuk memberikan campuran udara dengan bahan bakar yang sempurna setiap waktu. Sistem cooled exhaust gas recirculation membantu suhu pembakaran lebih rendah dan membantu Anda terhindar dari knock saat rasio kompresi tinggi.

Dengan beban ringan, sistem elektrik secara otomatis mengendalikan mesin pada siklus Atkinson yang lebih efisien. Namun jika driver menggunakan mesin dengan beban lebih akan kembali ke siklus Otto atau mode normal. Hasilnya ada klaim peningkatan 12 persen dalam efisiensi bahan bakar di bawah siklus pengujian saat ini. Anda dapat merasakan mesin generasi baru Toyota dalam Yaris facelifted, yang akan diperkenalkan mulai Maret tahun ini. [Ahs/TimBx]

Tags :

#
toyota,
#
toyota yaris