MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Bikin Mobil Le Mans Jadi Mobil Jalanan

JAN 21, 2018@10:00 WIB | 179 Views

Pada artikel sebelumnya kami telah sedikit banyak membahas tentang mobil ini, meski masih dalam bentuk kamuflase. Sekarang Toyota telah menunjukkan mobil konsep yang aslinya. Melalui merek performa baru mereka, Gazoo Racing, ini adalah petunjuk terhadap beberapa mobil sport lain yang menyusul setelah Yaris GRMN. Mobil yang dinamai GR Super Sport Concept, dibuat secara khusus oleh Toyota dan menggunakan powertrain bensin-listrik dari mobil balap Le Mans mereka.

Yap, sementara Mercedes menyodok mesin F1 ke supercar, Toyota melakukan hal yang sama dengan drivetrain World Endurance Championship. Dan tampaknya telah ditransplantasikan secara murni, sehingga membuat Super Sport memuntahkan 1.000 hp dari kombinasi mesin twin-turbo 2.4-liter V6 dan motor listrik. Ada juga aero yang sama dengan mobil balap dan beberapa velg balap 18 inci yang dirancang untuk bersenang-senang di atas ban gemuk. Tidak ada velg mewah 21 inci di sini.

Banyak yang mempertanyakan keterlibatan Toyota yang mau terus berlanjut di ajang balap WEC, dengan rival langsungnya - Audi dan Porsche - telah menarik diri dari olahraga tersebut. Mobil konsep ini merupakan petunjuk  seperti apa produk GR di masa depan yang akan terlahir seluruhnya dari motorsport, dan bukan versi hot-up mobil jalanan biasa, seperti Yaris itu.

"Daripada mengembangkan mobil produksi menjadi mobil sport, kami fokus untuk mengetahui bagaimana menggabungkan pengetahuan yang didapat dari balap dan rally ke mobil produksi," kata bos Gazoo Racing, Shigeki Tomoyama. "Ini adalah bagaimana kompetisi balap berkontribusi pada usaha Toyota Gazoo Racing untuk membuat mobil yang selalu lebih baik."

Akankah kita melihat keturunan langsung dari Super Sport Concept di showroom dalam waktu dekat? Mungkin tidak, betapa pun sudah cukup menggairahkan prospek Toyota GT-One di zaman modern. Tapi ide mobil sport Toyota bertenaga bensin-listrik di masa depan - seperti Supra baru - mungkin jauh lebih realistis.

Namun, jika Toyota ingin membuat supercar yang tidak mungkin, kami makin senang melihatnya. Yaris menunjukkan pengetahuan para insinyurnya dalam bagaimana membuat mobil dengan selera humor yang lebih tinggi daripada pesaingnya. Ayo, bikin lagi yang lain.. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
le mans,
#
toyota le mans,
#
blackauto,
#
autonews