MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota AA Seukuran Beras Jadi ‘Motorized Car’ Terkecil Di Dunia

MAR 10, 2021@11:00 WIB | 546 Views

Pernahkah BlackPals melihat mocrocars atau mungkin sudah memilikinya? Inilah jenis terakhir microcars, saking kecilnya microcars ini bisa tertelan tanpa sengaja bahkan dengan tanpa menyadarinya. Bagaimana tidak, wujudnya hanya seukuran beras. Microcars terkecil di dunia tersebut adalah Toyota AA, sebuah karya inovatif yang mencetak rekor dunia.

Toyota, produsen mobil Jepang ini memiliki reputasi sempurna dalam memberikan kendaraan berkualitas tinggi, rendah perawatan, terjangkau, dan sangat inovatif, dan banyaknya penjualan yang dilaporkan setiap tahun merupakan bukti yang sukar disangkal. Dan karya yang satu ini benar-benar menakjubkan, Toyota AA, satu-satunya microcars yang pernah ada.

Toyota AA termaktub dalam Guinness World Records (Rekor Dunia Guinness) atau lebih dikenal dengan The Guinness Book of World Records yang diterbitan Amerika Serikat. Dalam buku rujukan berisi kumpulan rekor dunia hasil pencapaian manusia yang terbit setiap tahun tersebut, mencatat sedan Toyota AA tahun 1936 belum ada tandingannya sejak dibuat tahun 1995.

The world’s smallest motorized car ini merupakan ini sebenarnya bukan produk Toyota, meski terkait dengan perusahaan. Artinya Toyota AA dibuat atas afiliasi Toyota, produsen suku cadang mobil terbesar di Jepang, Nippondenso, atau Denso.

Mulanya mustahil dan seolah pekerjaaan sia-sia untuk membuat mobil terkecil di dunia yang dapat beroperasi. Apalagi jika untuk diproduksi secara  massal. Namun kenyataannya, itu adalah latihan pengerjaan, tampilan keterampilan. Denso ingin memamerkan kemampuan permesinan dan semikonduktornya yang sangat presisi, dan memilih platform terkecil untuk melakukannya. Pada saat yang sama, ini dimaksudkan untuk menandai era di mana mesin mikro dapat digunakan di bidang manufaktur, kedokteran, dan bahkan militer.

Untuk mobil sekecil ini, microcar Toyota AA membutuhkan waktu empat tahun untuk menjadi kenyataan. Sebuah tim yang terdiri dari 20 orang mengerjakannya, yang masuk akal jika Anda menganggapnya terbuat dari 24 bagian individu, beberapa di antaranya tidak lebih besar dari setitik debu. Mobil itu memiliki panjang 4,785 mm (0,188 inci), lebar 1,730 mm (0,068 inci), dan tinggi 1,736 mm (0,068 inci). Ini adalah ukuran sebutir beras, seperti yang terlihat di dua video di akhir artikel, termasuk penampilan singkat di Tim Allen’s comedy Home Improvement.

Kendati ukurannya sangat-sangat kecil, microcars ini memiliki sebagian besar bagian dari kendaraan seukuran aslinya, termasuk roda dan ban, dengan tulisan ‘Denso’ di dopnya dengan huruf mikroskopis, axles, lampu depan, dan lampu belakang. Guinness menyebut bahwa tebal bempernya 50 mikron, setengah dari lebar rambut manusia. Motor terdiri dari lima bagian, dan koilnya berdiameter 1 mm (0,039 inci). Benar-benar menakjubkan, bukan!

Selebihnya, barangkali bagian yang paling mengesankan dari proyek ini adalah microcar itu benar-benar berfungsi. Blip kecil arus bolak-balik melalui kabel di bagian atas membuat motor kecil itu bergerak, dan itu membawa microcar Toyota ke kecepatan yang memusingkan 0,018 kph (0,011 mph).

"Look at this baby go!" Seru Tim Allen. [asl/timBX]

Tags :

#
motorized car terkecil dunia,
#
mobil terkecil dunia,
#
toyota aa,
#
sedan terkecil

RELATED ARTICLE