MENU
icon label
image label
blacklogo

Toprak Razgatlioglu Menuju MotoGP?

DEC 22, 2021@10:00 WIB | 326 Views

Juara WSBK 2021 Toprak Razgatlioglu telah mengungkapkan bahwa ia dapat mengevaluasi kepindahannya ke Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2023, meskipun telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Yamaha untuk gelaran WorldSBK.

Pembalap Turki ini menolak tawaran untuk pindah ke MotoGP pada musim 2022 dengan tim Petronas SRT Yamaha (sekarang WithU RNF Racing), alih-alih ia memilih untuk menandatangani kontrak baru WorldSBK dua tahun dengan Yamaha yang akan menggunakan jasanya hingga akhir musim 2023.

Saat itu ia mengatakan ingin fokus menjadi Juara FIM WorldSBK pertama dari Turki, sebuah pencapaian yang akan ia capai mungkin lebih awal dari yang diantisipasi pada tahun 2021 ketika ia menggagalkan Jonathan Rea untuk merebut gelar juara setelah enam musim.

Sekarang tampaknya Razgatlioglu dan manajer/mentornya Kenan Sofuoglu bisa berubah pikiran, dan Sofuoglu sendiri membenarkan rumor bahwa ia akan mengendarai Yamaha M1 dalam 'beberapa tes pribadi' tahun depan sebelum mengisyaratkan ia mungkin akan menuju MotoGP pada 2023.

“Saya akan mencoba M1 dalam beberapa tes pribadi pada tahun 2022,” ungkap Razgatlioglu. “Pada hari-hari ini saya akan bersama Cal Crutchlow dan saya berharap untuk melakukan debut saya di MotoGP pada 2023 bahkan jika sekarang semua konsentrasi saya di WorldSBK untuk musim depan.”

Bukan rahasia lagi bahwa Yamaha sangat ingin membawa Razgatlioglu ke MotoGP sesegera mungkin. Tidak banyak tim MotoGP yang merekrut pembalap WorldSBK untuk mendapatkan pembalap potensial di era modern sejak dua seri terakhir WorldSBK didorong lebih jauh di bawah pengawasan Dorna, tetapi Razgatlioglu jelas merupakan bakat khusus yang telah berhasil dan menonjol dalam rute yang lebih tidak konvensional menuju puncak.

Namun, Razgatlioglu mengakui gaya berkendaranya yang unik mungkin tidak langsung cocok untuk MotoGP jika ia melangkah terlalu cepat. Tes pribadi ini harus mengkonfirmasi atau sebaliknya bahwa Razgatlioglu mampu membuat gebrakan dan jelas Yamaha tentu berharap ia dapat melakukannya.

Adapun di Yamaha sendiri, saat ini hanya Franco Morbidelli yang memastikan diri berlaga di atas Yamaha M1, sementara perusahaan dari Iwata, Jepang ini akan melakukan segalanya untuk mempertahankan juara dari seri terakhir, Fabio Quartararo. Beberapa rumor yang beredar mengatakan bahwa Razgatlioglu telah setuju untuk menjadi cadangan tim, dengan Cal Crutchlow sebagai cadangan pabrik. Peran yang pasti akan diberikan oleh Yamaha karena cedera Morbidelli dan dikeluarkannya Maverick Vinales. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toprak razgatlioglu,
#
motogp