MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive: Menguji All-New Chevrolet Spark di Kota Kembang

MAY 21, 2017@10:00 WIB | 773 Views

General Motor Indonesia memperkenalkan Chevrolet Spark pada Februari lalu. Kehadirannya melengkapi jajaran dari mobil milik Chevrolet di Indonesia. Hatchback mungil ini mengadopsi mesin yang cukup besar dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu Ecotec 1.4 liter.

Kali ini General Motor Indonesia mengajak para jurnalis untuk menguji hatchback terbarunya. Lokasi yang dipilih adalah kota Bandung, namun lebih tepatnya di Lembang. Kami memulai perjalanan di Trizara Resort yang berlokasi di Lembang.

All-New Chevrolet Spart mengadopsi desain yang berani dan memperlihatkan grille khas Chevrolet. Bentuknya terlihat lebih tegas dengan bentuk lampu yang lebih kompak dibandingkan dengan pendahulunya. Ukurannya yang lebih compactmembuatnya lebih sedap dipandang.

Beralih ke dalam kabin, luas kabin cukup memadai untuk mobil kategori mobil hatchback. Duduknya terbilang nyaman,bangku pengemudi dapat diatur ketinggian, kemiringan sandaran, dan jarak dengan pedal gas. Instrumental panel miliknya terlihat sangat menarik, mudah dibaca, dan MID memberikan informasil lengkapi mengenai konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan informasi penting lainnya.

Setelah mesin dinyalakan, saya langsung mengarahkan mobil untuk destinasi kami, yaitu Tangkuban Perahu. Spark dilengkapi mesin Ecotec 1.4 liter yang sanggup menghantarkan tenaga 98 ps pada 6.200 rpm, dengan torsi puncak 124 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan teknologi auxiliary gear. Yang perlu Anda ketahui, di Indoneisa Spark hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi CVT saja.

Rute awal perjalanan kami terbilang cukup menantang, karena medan tanjakan yang dihadapi cukup curam. Untungnya, mesin Chevrolet Spart dapat diandalkan untuk melibat beragam tanjakan aspal. Sesekali saya harus berhenti akibat adanya mobil dari arah berlawanan, untungnya Spark sudah dilengkapi dengan Hill Start Assist yang akan membantu saat pengemudi akan start dari posisi terdiam.

Selama perjalanan, kami dihibur dengan sistem MyLink yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Anda juga dapat menggunakan fitur mirroring, dan voice command yang terletak pada lingkar kemudi. Suara dari sistem infotainment disalurkan ke 4 speakers dan 2 tweeters yang menemani selama perjalanan.

Bermanuver di jalan berlika – liku menuju Lembang sangatlah menyenangkan. Fitur Stabilitrak Electronic Stability Control bekerja dengan baik, memberikan saya rasa percaya diri tambahan untuk bermanuver dengan Spark. Ditambah lagi sistem pengereman dilengkapi ABS dengan EBD.

All-New Spart memberikan warna baru pada jajaran Chevrolet Indonesia. Dengan harga Rp196 juta on the road Jakarta membuatnya cukup kompetitif dibandingkan dengan rivalnya yang memiliki kapasitas mesin 1.5 liter.Pemilihan rute di Lembang membuat saya dapat menguji potensi tersembunyi yang sulit ditemukan jika diuji di arena perkotaan. [aag/tim BX]

Tags :

#
all-new chevrolet spark,
#
blackauto,
#
chevrolet spark