MENU
icon label
image label
blacklogo

Teknologi Nissan EV Dukung Debut Formula E McLaren

JUN 25, 2022@14:00 WIB | 214 Views

Masuknya McLaren ke kejuaraan motorsport listrik akan ditenagai oleh Nissan, setelah kedua perusahaan mengumumkan kolaborasi multi-tahun yang dimulai dengan musim Formula E 2022/2.

McLaren yang terlambat bergabung dengan Formula E di musim kesembilan seri setelah mengambil alih operasi Mercedes-EQ yang menang akan berharap lebih sukses di sana daripada di F1 dalam beberapa tahun terakhir. Tim pabrikan supercar Inggris saat ini mendekam di tempat keempat dalam tabel konstruktor F1 dengan 65 poin. Tempat ketiga Mercedes memiliki 188 poin dan Red Bull unggul jauh dengan 304 poin.

Selain memasok McLaren dengan powertrain, Nissan juga akan menurunkan skuadnya sendiri, setelah mengambil alih tim balap e.dams tepat pada waktunya untuk peluncuran peraturan Gen3 baru yang akan berlaku dari musim sembilan hingga musim 12. Pembaruan Gen3 berjanji untuk meningkatkan kegembiraan bagi penggemar dan pengemudi berkat gaya jet tempur baru mobil dan peningkatan kekuatan yang dramatis.

Pembalap Formula E Gen1 asli yang bersaing antara 2014-17 hanya memiliki tenaga 200 kW (268 hp/272 PS), yang ditingkatkan menjadi 250 kW (335 hp/340 PS)  untuk mobil Gen2 yang digunakan antara 2017-22. Tapi kursi tunggal Gen3 memiliki dua motor: unit 250 kW di depan, dan 350 kW (469 hp/478 PS) di belakang.

Mereka juga secara signifikan lebih cepat, secara teoritis mampu menempuh 200 mph (322 km/jam) dibandingkan dengan 140 mph (225 km/jam) dan 174 mph (280 km/jam) untuk mobil sebelumnya, meskipun tata letak sirkuit jalanan yang digunakan oleh Formula E mungkin berarti mobil tidak akan benar-benar mencapai top speed.

Meskipun memiliki motor tambahan, mobil Gen3 132 lbs (60 kg) lebih ringan dari sebelumnya berkat baterai yang lebih kecil dan penghapusan sistem pengereman belakang hidrolik yang mendukung pengaturan regeneratif murni.

Zak Brown, CEO, McLaren Racing, saat mengumumkan powertrainnya menjelaskan, saat pihaknya membentuk tim untuk musim pertamanya sebagai McLaren di Formula E, secara alami mereka mencari kemitraan dan peluang terbaik di setiap lini, dengan aspek teknis menjadi salah satu bidang utama.

"Nissan telah membuktikan pengetahuan, keahlian, dan komitmen mereka selama empat musim terakhir di Formula E, dan menuju era Gen3, kami memiliki keyakinan penuh bahwa kolaborasi ini akan membawa banyak kesuksesan bagi kedua belah pihak," tukasnya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula e,
#
mclaren,
#
nissan,
#
ev