MENU
icon label
image label
blacklogo

Taycan Turbo Cross Turismo: Sportwagen Tercepat dari Porsche

MAY 21, 2021@18:00 WIB | 432 Views

Porsche Taycan Turbo Cross Turismo dengan spesifikasi tertinggi bakal menjadi salah satu supercar paling menyenangkan untuk dikendarai, bahkan dapat mengubah persepsi tentang baterai-listrik (BEV). Tak hanya berlari secepat kilat, tetapi Taycan juga gesit, dan inilah letak keunggulannya yang membedakan dari jagoan supercar lainnya. 

Meski memiliki bobot yang besar, namun Porsche sungguh-sungguh menginvestasikan perhatiannya pada pengembangan Taycan, sehingga menghasilkan kombinasi kecepatan, kelincahan, dan soundtrack bersenandung tinggi dari kendaraan listrik menerobos lalu lintas perkotaan.

Memiliki berat 5.200 pound, sebanding dengan Panamera Turbo S e-Hybrid Turismo bertenaga bensin, memang seharusnya Taycan tidak ringan sebagaimana mobil trek ekstremis. Namun jika dibandingkan dengan mobil sport puritan, Taycan lebih berat sekitar 2.000+ pound.

Hebatnya, entah bagaimana Porsche mengembangkan kendaraan ini,  karena meskipun saat menikung paling agresif antara 80- dan 90-mph, kendaraan besar ini dalam kondisi stabil, bahkan masih dapat melaju dengan sempurna. Pada belokan tajam dengan perubahan kecepatan yang besar pun tak perlu koreksi atau kompensasi kemudi.

Karena tenaga listrik benar-benar mulus maka Taycan adalah kendaraan yang menghubungkan pengemudi dengan sensasi kecepatan dengan cara baru. Menyetir, mengerem, dan menerapkan throttle, sangat mengejutkan. Bahkan gearbox kopling ganda terbaik tidak dapat menandingi aliran torsi instan yang tak terputus dari dua motor listrik besar, dan ini adalah ciri unik dari BEV berperforma tinggi.

Taycan Turbo Turismo dapat mencapai 60km hanya dalam waktu 3 detik dan kemungkinan akan menempuh seperempat mil dalam kisaran 10 detik atau 11 detik. Bahkan jangkauan baterai untuk satu kali pengisian dari Taycan Turbo Cross Turismo dapat menempuh jarak lebih dari 200 mil. Cukup mencengangkan.

Menariknya lagi, Porsche akan segera mengumumkan peralatan pengisian daya 19kWh untuk dilakukan di rumah. Tentu saja perangkat itu membutuhkan pengisi daya Porsche itu sendiri (terprogram ke sirkuit khusus), dan pengisi daya on-board opsional yang dimiliki Turbo Cross Turismo.

Meski ada banyak kendaraan bensin super-wagens dan super-CUV dengan garis atap coupé dan harganya jauh lebih murah, tetapi tidak dengan cara yang sama, Taycan Turbo memberikan sebuah pengalaman yang sama sekali berbeda. Taycan Turbo Cross Turismo tidak akan mengecewakan.

Taycan Turbo dan Turbo S akan membuat pengemudi kagum pada keajaiban penemuan manusia. Sekaligus terobosan dinamis baterai-elektrik yang hanya dapat diberikan oleh pengemudi Porsche yang sangat terampil. Tidak ada mobil listrik yang dapat mengarahkan, mengerem, dan berbelok di jalan pegunungan seperti Taycan Turbo atau Turbo S. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
taycan turbo cross turismo,
#
porsche,
#
sportwagen,
#
supercar,
#
mobil listrik