MENU
icon label
image label
blacklogo

Tak Puas dengan Rekor Pikes Peak, VW ID R Electric Akan Robek Catatan Nurburgring

JAN 21, 2019@10:00 WIB | 2,359 Views

Misi VW menciptakan mobil electric dari semua varian memang tidak bisa dibendung, mereka menyebutnya sebagai VW I.D Family. Tahun 2018  VW ID R electric telah mencatatkan rekor yang lumayan bagus di Pikes Peak. Salah satu keinginan terbesar Volkswagen ID R electric adalah menciptakan rekor baru, dengan melenyapkan rekor EV di Nürburgring Nordschleife.

Rekor EV saat ini, tercatat 6 menit  45.9 detik  yang ditorehkan oleh Nio dengan mobil balap EP9-nya pada tahun 2017. Dengan catatan itu, VW akan berusaha untuk memecahkan rekor musim panas ini dan ekspektasi putaran waktu lap bisa diharapkan mencapai 5 menit 30 detik.

Jika panjang lintasan Nurburgring tercatat 12,9 mil atau sekitar 20 km, catatan terbaik diraih oleh Porsche 919 Evo pada Juni lalu dengan mobil balap 919 Hybrid LMP1. Dibalik pengemudi Timo Bernhard menetapkan catatan waktu 5: 19,55 lap, atau cukup untuk menghancurkan rekor sebelumnya 6: 11,13 yang ditetapkan pada tahun 1983, juga oleh Porsche.

Sebagai catatan, VW ID R  electric kembali dengan tujuan bersaing di Pikes Peak International Hill Climb 2018. Catatan rekor lama 8: 13.878 dihapus dengan catatan baru 7: 57.148. Driver dibalik catatan itu adalah Romain Dumas, dan dia menyatakan siap untuk mengatur rekor Nürburgring juga. Dumas merupakan pemenang empat kali di 24 Jam Nürburgring dan sebelumnya membalap untuk Porsche, jadi dia seorang yang berkompeten untuk itu.

Sebagai VW ID R dimodifikasi sedikit untuk memberikan performa terbaik di the Ring. Modifikasi dikhususkan pada aerodinamika, kebutuhannya mobil balap electric milik VW ini perlu kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada di Pikes Peak. Rencananya akan ada sedikit perubahan pada powertrain, masih akan terdiri dari motor listrik di masing-masing poros yang menghasilkan 670 tenaga kuda gabungan. Berat mobil juga akan tetap di bawah 1133 kg.

VW akan menguji ID R di sejumlah trek teratas mulai musim semi sebagai bagian dari persiapannya. Tentu saja, setiap target catatan terbaik cukup tergantung pada Alam. VW berharap catatan kinerja yang kredibel, sebelum bersiap meluncurkan mobil listrik dengan emblem ID, seperti yang akan diluncurkan ID Neo Hatchback berukuran Golf pada tahun 2020. Mobil tersebut merupakan ID pertama yang dijual di Amerika Serikat sebagai crossover kecil. [Ahs/timBX]

Tags :

#
vw id r electric,
#
volkswagen,
#
pikes peak record,
#
nurburgring record,
#
fastest ev