MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Grand Vitara 2023 Debut Di India Dengan Powertrain Listrik

JUL 22, 2022@16:00 WIB | 497 Views

Suzuki akhirnya mengungkap wujud All-New Grand Vitara sebagai model SUV terbarunya, ditawarkan dalam varian hybrid ringan dan hybrid pengisian daya sendiri, All-New Grand Vitara juga menjadi model kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yang baru-baru ini terungkap.

Sama seperti saudaranya, Suzuki Grand Vitara memulai debutnya di India, tetapi pembuat mobil berencana untuk mengekspornya ke pasar lain termasuk Afrika.

Dari segi styling, Suzuki Grand Vitara terlihat cukup identik dengan Toyota Urban Cruiser Hyryder, karena kedua model berbagi sebagian besar panel bodi yang sama.

Namun, Suzuki menawarkan bagian depan yang telah didesain ulang yang mempertahankan gaya split-headlight dengan DRL yang lebih ramping, grille yang jauh lebih besar dengan lapisan Dark Chrome atau Rich Chrome, intake bemper yang lebih kecil dan "rumah" lampu utama dengan desain yang lebih agresif.

Meski profil depannya tetap identik dengan model keluaran Toyota, bagian belakangnya terlihat berbeda berkat lampu belakang LED full-width dengan nuansa yang lebih gelap. Terakhir, skid plate di kedua ujungnya dan penutup plastik di lengkungan roda merepresentasikan jiwa adventure yang keluar dari Grand Vitara.

Grand Vitara memiliki panjang 4.345 mm (171 inci), lebar 1.795 mm (70,7 inci), dan tinggi 1.645 mm (64,8 inci), dengan jarak sumbu roda 2.600 mm (102,4 inci). Jarak sumbu roda identik dengan Suzuki S-Cross dan 100 mm (3,9 inci) lebih panjang dari Vitara/Escudo biasa.

Dengan demikian tidak mengherankan, karena All-New Grand Vitara menggunakan arsitektur Suzuki TECT yang juga dikenal sebagai Global C-platform.

Bagian interior All-New Grand Vitara terlihat mirip Hyryder, dengan pengecualian kombinasi warna dan emblem Suzuki. Suzuki memilih pelapis kulit sintetis dua warna hitam dan merah anggur untuk jok, dasbor, dan kartu pintu, dengan jahitan kontras, selain kombinasi warna tersebut, tersedia juga opsi warna hitam seluruhnya

Bagian konsol tengah diapit oleh elemen trim bergaya aluminium atau warna emas sampanye, yang menampung kontrol untuk AC zona ganda.

Layar sentuh 9 inci mendapatkan sistem infotainmen Suzuki Connect terbaru, yang menawarkan 40+ fitur terhubung dan bantuan suara. Dalam trim kelas atas, layar sentuh yang dipasang di atas dikombinasikan dengan kluster instrumen digital 7 inci dan head-up display.

Fitur keren lainnya termasuk panoramic sunroof, jok berventilasi, wireless charging pad, sound system premium, kamera 360 derajat, dan ventilasi AC belakang yang belum pernah ada di SUV Suzuki.

Dalam hal fitur keselamatan, terdapat enam airbag, ditambah dengan sistem dasar seperti Hill Descent Control, meskipun pasar lain di luar India bisa mendapatkan fitur ADAS yang lebih modern.

Suzuki Grand Vitara terbaru ditawarkan dengan dua powertrain yang berbeda. Progressive Smart Hybrid entry-level dilengkapi dengan mesin bensin 1.5-liter K-series Dual Jet VVT yang dikawinkan dengan sistem ISG 12-Volt dan baterai Li-ion 6Ah kecil, menghasilkan gabungan 101 hp (75 kW / 102 PS) dan torsi 135 Nm (99,6 lb-ft).

Tenaga dikirim ke depan atau ke keempat roda (AllGrip) melalui transmisi manual lima kecepatan atau otomatis enam kecepatan dengan paddle shifter. Perhatikan bahwa kembarannya Toyota Hyryder hanya ditawarkan dalam FWD, namun Suzuki mempertahankan sistem AllGrip Select yang sudah dikenal (Automatic, Sport, Snow, dan Key) untuk Grand Vitara.

Pilihan kedua adalah full-hybrid yang disebut Intelligent Electric Drive. Sistem yang bersumber dari Toyota terdiri dari mesin 1,5 liter yang berbeda, motor listrik yang lebih bertenaga, ISG, dan baterai lithium-ion yang lebih besar yang menghasilkan tenaga gabungan 114 hp (85 kW/116 PS) dan 141 Nm (104 lb-ft) torsi.

Di sini, tenaga ditransmisikan secara eksklusif ke gandar depan melalui transmisi e-CVT. Pengemudi memiliki akses ke empat mode berkendara yang berbeda EV, Eco, Power, dan Normal. Meskipun merupakan hybrid yang dapat diisi sendiri, baterai besar cukup baik untuk jangkauan listrik hingga 25 km (16 mil) dalam lalu lintas.

Suzuki Grand Vitara akan diproduksi oleh pabrik Toyota Kirloskar di Bidadi, Karnataka (India) bersama dengan kembarannya Toyota. Harga akan diumumkan dalam waktu dekat. Di India, Grand Vitara akan menggantikan S-Cross yang tidak diperbarui seperti di Eropa.

Mengingat kehadiran elektrifikasi dari lineup, kemungkinan Suzuki juga akan membawa Grand Vitara ke Eropa, mungkin sebagai pengganti Vitara biasa. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
suzuki,
#
suzuki grand vitara,
#
suzuki grand vitara 2023,
#
hybrid