MENU
icon label
image label
blacklogo

SUV Hidrogen Hyundai Cetak Rekor Dunia

MAY 17, 2021@19:00 WIB | 693 Views

Dengan peluncuran sub-merek Ioniq baru, Hyundai bersiap untuk memperluas jajaran EV-nya dengan cepat, dimulai dengan Ioniq 5 yang terinspirasi dari retro yang akan debut di Amerika akhir bulan ini. Hyundai juga salah satu dari sedikit pembuat mobil (bersama dengan Toyota) yang memproduksi mobil sel bahan bakar hidrogen sebagai pilihan bahan bakar alternatif. Saat ini, Nexo adalah satu-satunya mobil bertenaga hidrogen di jajaran model Hyundai, tetapi ini akan segera berubah dengan peluncuran sub-merek sel bahan bakar HTWO baru dari Hyundai.

Untuk memamerkan jangkauannya yang mengesankan, Hyundai membawa Nexo dalam perjalanan yang diperpanjang, di mana ia menetapkan rekor dunia baru untuk jarak terjauh yang ditempuh dengan satu tangki dalam kendaraan bertenaga hidrogen. Dengan pembalap reli Hyundai Australia Brendan Reeves di belakang kemudi, produksi Nexo dimulai di Essendon Fields di Melbourne sebelum berkendara melalui Broken Hill dan Silverton, sebuah kota pedalaman di pinggiran Broken Hill. Lokasi ini terkenal sebagai setting film apokaliptik 'Mad Max 2: The Road Warrior' yang dibintangi oleh Mel Gibson.

Reeves mengungkapkan, saat menjadi pebalap reli, dirinya selalu ingin meraih rekor dunia, tapi tidak pernah menyangka akan terjadi seperti ini. "Saat kami berangkat dari Essendon Fields di pagi hari, saya menemukan Nexo langsung familiar dan mudah dikendarai, kontrolnya intuitif dan mudah digunakan, posisi mengemudinya luar biasa, dan kursinya sangat nyaman. Nexo ada dalam elemennya di jalan terbuka, dengan kabinnya yang jarak jauh, damai dan halus, dan powertrain listrik sel bahan bakar yang mulus dan nyaris senyap," jelasnya.

Dengan jarak sekitar 37 mil (59,5 km) tersisa di tangki hidrogen, perjalanan berakhir di jalan Wilangee di luar Stasiun Eldee. Secara total, Nexo menempuh jarak 551 mil (886,7 km) dengan satu tangki, mengalahkan rekor sebelumnya 448 mil (721 jn) yang ditetapkan di Nexo lain oleh aeronaut Prancis Bertrand Piccard. Dengan kecepatan rata-rata 41,5 mph (66,8 km/jam), perjalanan memakan waktu 13 jam 6 menit. Setelah 426 mil (685,5 km), peringatan bahan bakar rendah menyala. Lampu bahan bakar kemudian mulai berkedip setelah 494 mil (795 km), dengan jarak 55,9 mil (90 km) tersisa. Selama perjalanan, Nexo mengonsumsi 13,8 pon hidrogen dan memurnikan 449.100 liter udara, cukup untuk 33 orang dewasa untuk bernapas dalam sehari. [ibd/timBX]

Tags :

#
suv hidrogen hyundai,
#
suv hidrogen,
#
suv,
#
hyundai,
#
ioniq 5