MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar Klasik Aston Martin Bulldog Terlihat di London

NOV 25, 2021@16:30 WIB | 101 Views

Tak diragukan bahwa Aston Martin dikenal sebagai salah satu pembuat mobil mewah dan cepat terbaik di dunia. Selama bertahun-tahun merek ini telah membuat mobil luar biasa seperti DB5 dan Vanquish. Sepanjang jalan, perusahaan juga telah menciptakan beberapa mesin yang tidak biasa, seperti Aston Martin Lagonda yang diproduksi tahun 1976 hinnga 1990. Ini diklaim sebagai salah satu mobil yang sedikit lebih maju dari masanya.

Namun di sana ada Bulldog, satu mobil yang cukup luar biasa dari Aston Martin yang tidak mendapatkan banyak perhatian. Bulldog adalah mobil one-off machine yang dibangun tahun 1979 dengan contoh mobil 15 hingga 25 unit. Sayangnya proyek ini tidak berjalan dengan baik meski prototipenya sudah dibangun. Beruntung bagi Anda penggemar mobil di seluruh dunia, karena Bulldog baru-baru ini dikabarkan terlihat di London.

Secara resmi, Bulldog menerima nama Project DPK901. Itu dimaksudkan untuk  menjadi sebuah konsep untuk menunjukkan seperti apa supercar Aston Martin tahun 1980-an terlihat dan dikendarai. Gaya Bulldog sendiri sangat didasarkan pada mesin mewah dengan ditata oleh William Towns, orang di balik penataan Lagonda. Bulldog menjadi salah satu mobil berbentuk baji, desain yang sangat dipopulerkan oleh Lamborghini Countach dan Lotus Esprit.

Pekerjaan rekayasa awal untuk Bulldog dilakukan oleh kepala insinyur Aston Martin saat itu, Mike Loasby. Namun Loasby pindah ke DeLorean pada 1979 dan Keith Martin diberi tugas menyelesaikan pekerjaan itu selama tiga tahun. Mobil tersebut mengambil namanya dari Scottish Aviation Bulldog, sebuah pesawat ringan yang digunakan untuk pelatihan Royal Air Force serta menjadi pesawat yang dioperasikan secara pribadi. Pekerja pabrik menjuluki mobil K-9, setelah anjing robot mulai terkenal.

Dalam hal kekuatan, Bulldog punya banyak untuk ditawarkan. Mobil ini memiliki mesin twin Garret AirResearch turbocharged V8 5.3 liter, yang awalnya memiliki Bosch Fuel Injection. Output daya mencapai 650 tenaga kuda, meski beberapa orang mengklaim itu mampu menembus 700 tenaga kuda. Dari fasilitas uji MIRA di Inggris, diketahui bahwa Bulldog mampu mencapai kecepatan tertinggi 192 mph, meskipun kecepatan tertinggi resminya bisa lebih dari 230 mph.

Statistik tersebut sangat mengesankan bila melihat era Bulldog diciptakan. Mobil ini juga dilengkapi fitur baru lainnya, seperti lima lampu depan tersembunyi yang dipasang di tengah dan pintu sayap camar. Interior mobil dilapisi kulit dengan trim walnut dengan banyak tombol LED untuk digunakan. Bulldog Aston Martin memang sempat terlihat mengaspal, namun sayangnya itu tak pernah benar-benar terjadi. [yub/shf/timBX]

Tags :

#
aston martin,
#
aston martin bulldog