MENU
icon label
image label
blacklogo

Sudah Waktunya Kawasaki Mengintegrasikan J Concept ke LineUp Motor Mereka

APR 14, 2020@12:00 WIB | 114 Views

Dalam waktu dekat kehadiran  motor listrik akan menyamai kehadiran mobil listrik yang begitu massive.  Ada banyak startup yang memulai proyek tersebut,  seperti manufaktur besar Harley Davidson telah hadir lebih dulu dengan melaunching LiveWire. Selain HD,  Kawasaki ternyata lebih dahulu memperkenalkan pilot project mereka pada tahun 2013, dengan nama J Concept pada gelaran Tokyo  Motor Show yang belum pernah diperkenalkan di dunia sebelumnya. 
 

Lima tahun sebelumnya,  Yamaha memperkenalkan Niken dengan gaya aneh,  Kemudian Kawasaki meneruskan motor dengan dua roda di depan, dan cara berkendara yang lebih mudah, membuat gaya berkendara yang cukup berbeda.  Selain bentuk yang futuristik,  motor tersebut ternyata digerakkan oleh motor listrik, yang saat itu belum terpikirkan manufaktur manapun. 



Dengan riding position yang rendah ala J Concept,  serta mengutamakan kecepatan telah memberikan warna baru berkendara, dengan menghadirkan panjang dan tinggi wheelbase yang cukup jarang saat itu. Variabel tersebut menjadi ciri utama J Concept mungkin hingga sekarang. 
 

J Concept tidak memiliki  stang dalam parameter motor konvensional.  kemudian digantikan dengan dua controller, yang terhubung dengan dua roda didepan.  Motor konsep yang terbilang fantastis,  namun bukan suatu hal yang mudah bagi Kawasaki untuk memproduksinya dalam waktu dekat.  Peluang yang bisa diberikan Kawasaki di ranah produksi adalah menelurkan konsep briliant ke teknologi yang bisa diadopsi untuk diterapkan di lineup  produksi dalam waktu dekat. 
 

Secara lineup produksi,  Kawasaki memang tertinggal dari Niken Yamaha.  Kawasaki juga belum memperkenalkan mesin electric pada line up produksinya.  Kecuali  konsep Ninja yang pernah ditampilkan di EICMA 2019.  Namun dengan kemampuan baterai hanya  52 mil,  itu bakal menjadi bahan lelucon bagi manufaktur lain. Kami tidak berharap seperti itu tentunya.  Pada dasarnya Kawasaki harus lebih serius daripada konsep yang pernah ditelurkan terutama di segmen motor listrik.  



Sementara Damon Hypersports,  LiveWire, Zero adalah produk yang sudah dijual massal,  akankah Kawasaki memperpendek gab dengan ketiga pabrikan tersebut? Sudah waktunya  Kawasaki memperkenalkan versi produksi J Concept,  mempercepat peta electric Motorcycle yang belum seramai industri roda empat. [Ahs/timBX]

Tags :

#
kawasaki motorcycles,
#
kawasaki j concept,
#
electric motorcycles,
#
sportbike elektrik

RELATED ARTICLE