MENU
icon label
image label
blacklogo

Stellantis Akan Bangun Van Besar Pertama Toyota, Dengan Varian EV Pada Tahun 2024

MAY 31, 2022@14:30 WIB | 220 Views

Stellantis dan Toyota akan bersama-sama memproduksi van komersial berukuran besar terbaru untuk pasar Eropa, yang juga akan tersedia dalam full elektrik. Van terbaru ini akan memperluas kemitraan LCV saat ini antara kedua merek, di samping van berukuran compact dan menengah yang sudah diproduksi.

Van berukuran besar terbaru ini akan tiba pada pertengahan 2024 dan akan diproduksi oleh Stellantis di pabrik Gliwice (Polandia), dan Atessa (Italia). Toyota akan diizinkan untuk menjualnya di Eropa dengan lencananya sendiri, menandai pertama kalinya produsen mobil Jepang akan menawarkan di segmen ini.

Jika dilihat, model baru Toyota yang belum disebutkan namanya ini akan menjadi "saudara" dari Fiat Ducato, Citroën Jumper, Peugeot Boxer, Opel/Vauxhall Movano, dan van besar RAM ProMaster. Meskipun awalnya diluncurkan pada tahun 2006, sebagian besar model yang disebutkan di atas sudah ditawarkan dalam bentuk EV dan datang dalam berbagai jarak sumbu roda dan ketinggian atap yang berbeda.

Dilihat dari strategi Toyota dengan ProAce City (van compact) dan ProAce (van ukuran sedang), LCV yang lebih besar kemungkinan akan berbagi sebagian besar panel bodi dan interiornya dengan saudara Stellantis, dengan gril dan bemper yang sedikit didesain ulang menggabungkan milik Toyota. Berbeda dengan van kecil yang juga ditawarkan dalam versi MPV, van ini kemungkinan akan tetap menjadi LCV (Light Commercial Vehicle).

Kemitraan antara kedua perusahaan dimulai pada tahun 2012 dengan LCV ukuran sedang bermerek Toyota yang diproduksi oleh Stellantis di Hordain (Prancis), kemudian diperluas pada tahun 2019 dengan saudara kandung LCV compact yang diproduksi oleh Stellantis di Vigo (Spanyol) dan sekarang dilengkapi dengan van berukuran besar yang mencakup semua segmen LCV inti di Eropa.

Carlos Tavares, CEO Stellantis, mengatakan: "keunggulan operasional secara definisi diakui dalam kesepakatan yang diperluas ini. Perjanjian baru akan memperkuat kepemimpinan Stellantis di EU30 untuk LCV dan kendaraan rendah emisi, sejalan dengan Dare Forward 2030 tujuan menjadi pemimpin global dalam LCV, dalam hal teknologi, manufaktur, pangsa pasar dan profitabilitas," 

Sedangkan Matt Harrison, Presiden dan CEO di Toyota Motor Eropa, menambahkan, dirinya senang dapat memperluas kemitraan yang sukses ini dengan memperkenalkan sebuah van komersial ukuran besar terbaru. Ini merupakan tambahan penting dan melengkapi jajaran LCV untuk pelanggan Toyota Eropa. "LCV baru akan mewakili kontribusi kunci untuk target pertumbuhan Toyota untuk keseluruhan jajaran LCV, bersama dengan pick-up Hilux, Proace dan Proace City, memungkinkan Toyota untuk memberikan solusi mobilitas di semua segmen pasar LCV," pungkasnya.  [ibd/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota,
#
stellantis,
#
ev,
#
van