MENU
icon label
image label
blacklogo

Sistem Operasi Next-Gen Mercedes-Benz Akan Dilengkapi Asisten Virtual AI

JAN 10, 2024@10:30 WIB | 169 Views

Mercedes-Benz bersiap-siap untuk memperkenalkan sistem operasi terbarunya, yang secara singkat disebut MB.OS, setelah bertahun-tahun pengembangan. Didesain sendiri, MB.OS memulai debut publiknya di CES 2024 dengan asisten virtual AI yang unik, beragam aplikasi mitra audio dan game, serta mesin game tiga dimensi untuk grafis yang lebih kompleks.

Perangkat lunak MB.OS, yang berbeda dari sistem infotainment MBUX, lebih cepat dan efisien dibandingkan sistem Mercedes saat ini, membantu meningkatkan daya tanggap dan kekuatan pemrosesan. Salah satu peningkatan yang paling nyata dari yang lama ke yang baru adalah MBUX Virtual Assistant, yang memanfaatkan AI generatif dan model bahasa besar yang dipatenkan untuk memberikan umpan balik ucapan dan percakapan yang lebih alami, saran terperinci berdasarkan rutinitas, dan suasana hati yang sesuai dengan keinginan pengemudi.

Seperti pada asisten suara MBUX saat ini yang lebih dikenal sebagai Hey Mercedes Asisten Virtual dapat merespons perintah bahasa alami seperti "Saya lapar," misalnya. Namun, Hey Mercedes hanya akan merekomendasikan beberapa restoran terdekat dan menyelesaikannya.

Sementara Asisten Virtual MBUX akan merangkum menu dan ulasan untuk membantu pengemudi memutuskan tujuan. Sistem AI juga akan menyarankan fungsi dan rute berdasarkan rutinitas pengemudi, termasuk memesan tempat parkir terlebih dahulu atau menjadwalkan ulang acara kalender jika pengemudi akan terlambat.

Asisten Virtual bahkan menyesuaikan fungsinya dengan pikiran pengemudi. Jika pengemudi dirasa frustrasi, perintah dan tanggapannya akan lebih singkat dan langsung. Jika suasana hati pengemudi sedang baik, suara Asisten Virtual akan lebih ceria dan memperpanjang percakapan. Ia bahkan dapat menggambarkan emosi melalui "wajahnya", yang sebenarnya adalah bidang bintang di layar tengah. Bidang tersebut akan berubah warna dan ikon akan muncul untuk menyampaikan "suka", "merayakan", "tertawa", dan "konfirmasi".

Navigasi 3D akan muncul pada mobil yang dilengkapi MB.OS, memanfaatkan gaming engine untuk grafis yang tajam dan petunjuk arah mengemudi yang detail. Tampilan navigasi akan menggabungkan informasi bantuan pengemudi, termasuk kendaraan di sekitar dan rambu-rambu jalan, untuk membangun "kepercayaan" antara sistem keselamatan dan orang di belakang kemudi. Tampilan detailnya juga akan merekomendasikan jalur tertentu dan menampilkan instruksi augmented reality secara real time.

Versi baru MBUX akan muncul di mobil yang dilengkapi MB.OS, dan sistem infotainment kini akan menyertakan Audible dan Amazon Music bawaan. Saat memutar buku, drama radio, dan musik berkemampuan Dolby Atmos, sistem audio akan menyinkronkan speaker, pencahayaan sekitar, dan kursi untuk pengalaman yang lebih mendalam.

Penerapan pertama MB.OS akan muncul pada versi produksi Mercedes-Benz Concept CLA-Class, yang akan dirilis sekitar tahun ini. Dibangun di atas platform MMA, CLA generasi berikutnya akan dioptimalkan untuk kendaraan listrik, tetapi juga akan menawarkan powertrain ICE. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mercedes-benz,
#
ai