MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Setelah Sekian Musim Menanti, Valentino Rossi Naik Podium Lagi

JUL 26, 2020@23:15 WIB | 366 Views

Balapan musim kedua MotoGP Andalusia 2020 penuh dengan catatan sejarah. Salah satunya ialah naiknya Valentino Rossi ke podium setelah sekian musim gagal menguasai jarak dan waktu di sirkuat dalam sejumlah kejuaraan MotoGP.

Pembalap Monster Energy Yamaha ini berhasil mencapai garis finish ketiga di belakang pembalab setimnya Maverick Vinales (posisi kedua) dan Fabio Quartararo (posisi pertama). Rossi berhasil naik lagi ke podium setelah melewati masa penantian selama 15 bulan.

Minggu (26/7/2020), di sirkuit Angel-Nieto, Jerez, Spanyol, Pembalap berusia 41 tahun ini start dari grid keempat. Rossi sempat berada di posisi kedua tepat di belakang Fabio Quartararo yang dengan ketat menempati posisi terdepan sepanjang balapan.

Rossi pun sempat dilewati pembalap Pramac Racing Francesco Bagnaia sebelum akhirnya motornya mengalami masalah dan tak dapat mengikuti balapan hingga garis finish. Persaingan ketat terus berlanjut di lap-lap berikutnya. Pada lap-lap akhir, rekan setimnya, Maverick Vinales dengan cepat melesat, merebut posisi kedua, Rossi pun jatuh ke posisi ketiga.

Nyaris rossi tersalip lagi oleh pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami di posisi keempat yang terus membayang-barangi di belakangnya. Tapi pembalap yang meraih podium ke-198 sepanjang kariernya di MotoGP dan 500 cc itu berhasil melintas di garis finis urutan ketiga dengan catatan waktu 41 menit 28,212 detik. Artinya, Rossi kini menambah catatan naik podium menjadi 199 kali selama melenggang di sirkuit MotoGP.

Rossi mengaku sangat senang dengan hasil yang diraih pada balapan musim kedua ini. Sebab pekan lalu ia merasa cukup kecewa karena gagal finis akibat motornya mogok sebelum mencapai garis finis. Rossi senang lantaran bisa kembali naik podium walapun di posisi tiga besar. Di mana, ia naik podium terakhir kali pada 14 April 2019 lalu di balapan MotoGP Amerika Serikat 

"Saya sangat senang dengan hasilnya. Apalagi kami datang dari periode yang buruk dan hasil yang buruk pekan lalu. Jadi minggu ini kami mulai bekerja dengan cara lain. Dengan bantuan David (Munoz, kepala kru Rossi) dan seluruh anggota tim saya, kami berhasil bekerja dengan baik." Kata Rossi usai balapan kepada awak media. 

"Saya bisa melakukan putaran yang bagus, melakukan start yang bagus juga. Hanya saja tadi balapannya terasa lama sekali. Tapi saya senang, kok. Bisa kembali ke podium hari ini, mungkin tidak terasa seperti kemenangan, tapi ya miriplah," imbuhnya. [asl/timBX]

Tags :

#
valentino rossi,
#
motogp andalusia 2020,
#
motogp 2020,
#
hasil motogp andalusia