MENU
icon label
image label
blacklogo

Sempat Dibatalkan, MotoGP Kembali Diadakan di Portugal

AUG 03, 2020@14:00 WIB | 255 Views

MotoGP telah membatalkan sisa balapan di Argentina, Thailand dan Malaysia untuk musim 2020, tetapi akan menambah Portugal ke kalender sebagai balapan ke-14.

Musim 2020 ditetapkan sebagai yang terpanjang dalam sejarah MotoGP, dengan 20 balapan dimulai di Qatar dan berakhir di Valencia, ditambah dengan balapan di Amerika Serikat dan juga Asia.

Namun, pandemi memaksa putaran pembuka di Qatar dibatalkan untuk kelas utama (Moto2 dan Moto3 masih diadakan karena semua tim telah tiba di Doha ketika pembatasan perjalanan dimulai) dan terjadi perubahan besar pada jadwal.

Musim sementara yang berisi 13 putaran diumumkan pada bulan Juni, dimulai pada bulan Juli dengan dua putaran di Jerez dan berakhir pada bulan November dengan dua balapan Valencia.

Ruang tersisa di kalender untuk empat balapan yang belum resmi diputuskan untuk 2020 berlangsung selambat-lambatnya tanggal 11 Desember.

Hal ini bisa bertambah jika balapan Amerika Serikat dibatalkan, dengan promotor MotoGP (Dorna Sports) sekarang mengkonfirmasi Malaysia, Thailand dan Argentina tidak akan menjadi balapan tambahan pada tahun 2020. Namun, Thailand juga telah diberikan perpanjangan kontrak hingga 2026.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan pembatalan balapan di Argentina, Thailand dan Malaysia musim ini, dan mereka akan sangat dirindukan pada kalender 2020," kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

"Semangat para penggemar yang sering bepergian melintasi benua untuk menikmati MotoGP bersama kami di Termas de Rio Hondo, Buriram, dan Sepang sungguh luar biasa, tercipta karena mereka melakukan suasana yang luar biasa dan menyambut acara olahraga besar ini.

"Namun, kami senang menambahkan balapan lain di Eropa ke kalender 2020, dan mengungkapkan perjanjian baru kami yang akan melihat balap MotoGP di Thailand dan Buriram hingga setidaknya 2026.

"Kami sangat ingin kembali ke Thailand, Argentina dan Malaysia tahun depan dan seperti biasa, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas kesabaran dan pengertian mereka.”

Namun, balapan tambahan akan diumumkan oleh Dorna pada 10 Agustus mendatang, yang menurut beberapa kabar balapan Portugal di sirkuit Algarve akan berlangsung pada akhir musim. Ini akan membawa musim hingga 22 November, bukan 15 November seperti jadwal aslinya.

Sirkuit Algarve di Portimao adalah sirkuit cadangan resmi MotoGP, dan diperkirakan akan ditampilkan di kalender mendatang, berpotensi bergantian dengan Valencia sebagai putaran terakhir. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp portugal,
#
motogp 2020,
#
dorna sports,
#
kalender motogp 2020