MENU
icon label
image label
blacklogo

Selama 45 Tahun, Toyota Resmi Hentikan Produksi di Australia

OCT 03, 2017@21:30 WIB | 203 Views

Setelah memproduksi mobil di Australia selama 45 tahun, Toyota secara resmi telah memutuskan untuk mengakhiri produksi. Biaya produksi yang makin mahal memaksa Toyota harus mengibarkan bendara putih.

Tak hanya Toyota saja yang menghentikan produksi di Australia, produsen lain seperti Ford bernasib serupa dimana pada Oktober tahun lalu Ford menghentikan produksinya. Dengan hal ini, Holden menjadi satu satunya produsen mobil utama yang masih mengoprasikan pabrik manufaktur di Negeri Kanguru itu untuk memproduksi kendaraanya.

Dengan berakhirnya produksi, Toyota fokus hanya dalam penjualan dan pemasaran saja di Australia. Mobil akan diimpor dari negara lain. Sekitar 3.000 karyawan menghadiri penutupan pabrik Altona, perwakilan dari Toyota Motor Corporation juga hadir.

Sebagian dari penutupan pabrik Toyota, Toyota Motor Corporation Australia akan membangun pabrik Altona sebagai fasilitas pengembangan dan pelatihan produk. Sementara untuk kegiatan penjualan dan pemasaran, Toyota akan memindahkan markasnya dari Sydney ke Melbourne mulai tahun 2018.

Produsen mobil asal Jepang itu pertama kali mulai memproduksi di Australia pada bulan April 1963 dengan pabrik Tiara di Pabrik Port Melbourne. Pabrik Altona kemudian diresmikan pada bulan Juli 1994 dan mulai membangun Toyota Corrola yang telah popular di kancah dunia.

Kemudian pabrik tersebut mulai kembali memproduksi Camry pada bulan Maret 1995 sebelum Aurion ditambahkan ke dalam daftar model lokal pada bulan Oktober 2006. Produksi Aurion berhenti pada bulan Agustus dan Camry Hybrid terakhir dirakit pada akhir September. Selama berkiprah di Australia, Toyota telah merakit 3.451.115 unit kendaraan. [ddy/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
blackauto,
#
autonews