MENU
icon label
image label
blacklogo

Resmi Masuk Indonesia, Zeekr Hadirkan Dua EV Premium

JUN 06, 2024@17:41 WIB | 166 Views

Indonesia kedatangan satu lagi merek EV dari China yaitu Zeekr, yang berada di bawah naungan Geely. Namun, berbeda dengan induk perusahaannya, Zeekr disini akan masuk kedalam kendaraan listrik segmen premium dengan dua model, SUV dan MPV.

Kedua model yang dihadirkan Zeekr yaitu model X yang bertipe SUV dan Zeekr 009 yang bertipe MPV premium dan keduanya direncanakan rilis secara resmi pada kuartal empat. Untuk pasar Indonesia, perusahaan sudah membuat secara khusus kedua model tersebut memiliki stir sebelah kanan, sama seperti model yang ada di Thailand.

Di Indonesia, Zeekr menjalani perjanjian kerjasama dengan  PT Premium Auto Prima sebagai Agen Pemegang Merek (APM) resmi. Setelah perjanjian, kedepannya PT Premium Auto Prima yang bertanggung jawab memasarkan seluruh unit Zeekr di Indonesia.

JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, sangat senang dan bangga dengan kemitraan keduanya. Ia mengatakan kemitraan ini sesuai dengan arahan pemerintah terkait kendaraan listrik dan juga bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik di segmen high-end namun ramah lingkungan.

"Kami merasa sangat bangga dan terhormat dapat bermitra dengan Zeekr, pelopor dalam industri kendaraan listrik. Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami untuk menghadirkan solusi otomotif premium, high-end dan ramah lingkungan ke Indonesia," Ujarnya.

Terkait strategi pemasaran untuk EV Zeekr yang bermain di segmen premium, Darwin mengakui sudah sangat menyiapkannya secara matang. Ia menjelaskan, untuk tahap pertama yaitu mengenalkan Zeekr ke konsumen Indonesia ia memilih langsung memasarkannya ke kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Selain itu, untuk semakin memperkuat branding awareness publik pihaknya merencanakan dalam waktu dekat membuat showroom. Ia membeberkan akan ada dua flagship showroom yang dihadirkan yang berlokasi di Jakarta Selatan dan BSD City.

Tidak berhenti sekedar memasarkan EV saja, pihak Zeekr juga akan mempertimbangkan keberadaan pabrik produksi di Indonesia. Darwin menyebut posisi Indonesia di mata perusahaan sangat penting karena pasarnya luas dan potensial jadi rencana produksi lokal memang ada tapi tidak dalam waktu dekat.

FYI, Zeekr adalah perusahaan yang dimiliki Geely Automobile Holdings dan pertama kali berdiri pada Maret 2021. Zeekr diposisikan pada segmen kendaraan listrik yang berbeda dari Geely yaitu produsen spesialis mobil listrik premium.

Terkait nama Zeekr, itu merupakan gabungan dari huruf “Z” yang artinya generasi Z dan istilah “Geek”  yang berarti aneh, eksentrik dan tidak mainstream.

Di Asia Tenggara, Indonesia bukanlah negara pertama yang disambangi. Perusahaan justru memillih memulai ekspansi bisnisnya di negara Thailand dengan debut resminya di ajang Bangkok Motor Show pada 25 Maret 2024. [wic/timBX].

Tags :

#
zeekr,
#
zeekr indonesia,
#
zeekr ev

X