MENU
icon label
image label
blacklogo

Resmi Dikenalkan, Honda Clarity Fuel Cell Siap Saingi Toyota Mirai

MAR 11, 2016@15:00 WIB | 741 Views

Honda Motors secara resmi mengenalkan mobil hidrogen yang menyandang nama Honda Clarity Fuel Cell diJepang. Mobil ini diklaim akan menyaingi Toyota Mirai yang sudah mengaspal terlebih dahulu.

Mobil berkapasitas lima orang penumpang tersebut merupakan bagian dari promosi negara Jepang untuk kendaraan 'hijau' atau ramah lingkungan. Ditargetkan, mobil berbahan bakar hidrogen tersebut dapat terjual 200 unit per tahun di Jepang. Seperti diberitakan Worldcarfans, kabarnya Honda Clarity Fuel Cell ditaksir dengan harga USD 67,445 atau sekitar Rp 880 juta.

Dalam hal spesifikasi teknis, mobil hidrogen ini memiliki bobot keseluruhan mencapai 1.890 kilogram dan digerakan oleh motor litrik 130 kilowatt yang dapat menghasilkan torsi 300 Nm. Honda Fuel Cell Vehicle memiliki kapasitas tangki mencapai 141 liter hidrogen yang dapat mampu menempuh jarak 750 kilometer. Waktu pengisian untuk tangki hidrogen tersebut memakan waktu sekitar tiga menit.

Alat yang digunakan untuk ngisi tenaga tersebut yakni Power Exporter 9000, bersifat portable. Honda mengatakan sistem power ini bisa digunakan jika ada bencana dan dapat memasok listrik untuk rumah selama kurang lebih satu Minggu.

Setelah peluncuran di Jepang, Honda Clarity Fuel Cell rencananya juga akan dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat sebelum akhir 2016. Di California, model ini dibanderol ddengan harga $ 60.000 atau seitar Rp 782 juta. [Ddy/timBX]

Tags :

#
toyota mirai,
#
honda clarity fuel cell