MENU
icon label
image label
blacklogo

Redux Restorasi BMW E30 Basis Performance Pukul 392 HP

MAR 15, 2019@20:00 WIB | 952 Views

Redux sebuah rumah modifikasi yang berbasis di Inggris telah memodifikasi BMW E30, yang fokus pada performance dan desain interior. Redux dikenal sebagai ahli restorasi, yang kini telah menyelesaikan E30 M3, untuk seorang pelanggan di California.

Meski disebut restorasi, tidak bakal ditemukan baut untuk menopang bodi. Atau komponen karbon fiber palsu. Karena itulah Redux menjalani restorasi secara total, dan perlakukan yang sama kepada 30 mobil lain. Mobil BMW E30 awalnya hanya mobil yang sudah dipakai, kemudian direstorasi sampai pada bodywork.

Membangun ulang body E30 dengan menggunakan bahan serat karbon, sebagai konfersi utama. Minimum  dengan berat lebih ringan, akan mendukung performance. Bodywork yang ringan, disokong dengan roll bar dibagian interior, menegaskan BMW E30 sudah bertransformasi menjadi mobil balap. Dan itu bukan kemauan Redux melainkan keinginan customer.

Sektor performance yang menjadi perhatian. Basic mesin S14 inline 4 ditanggalkan, menggunakan performance dari S65 V8 dari E92 menjadi 6 silinder segaris, dengan kapasitas 4.0 liter dari BMW E92 M2. Ini menjadi sektor paling gila, untuk mengenang era keemasan BMW kotak ini.  Redux juga menyediakan varian mesin S85 V10 milik dari BMW M5 E60 sebagai pertimbangan. Dengan menggunakan teknik force induction, tenaga yang dihasilkan melonjak hingga 392 hp dan torsi maksimum 528 Nm.

Peningkatan mesin dari 2,3-2,5 liter menjadi 4,0 liter, diimbangi dengan modifikasi connecting rods dan piston. Untuk mendapatkan data log kinerja mesin telah diinstalkan crankshaft dari BMW Motorsport dan ECU Motec M150. Tenaga mesin yang besar diimbangi dengan pemasangan gearbox, velg custom, twin plate clutch dan differensial yang diupgrade.

Sektor kaki-kakinya diperkuat dengan menggunakan suspense EXE-TC Competition. Sistem pengeremannya menggunakan caliper AP Racing 6 pinston dan cakram 330mm untuk depan dan 4 piston untuk rem belakang. Sistem knalpotnya dibuat secara hand made.

Interiornya juga tidak kalah touch up. Sebut saja kulit alcantara menjadi pemanis bagian dashboard dan trim. Jangan lagi bertanya kursi belakang, karena sudah diganti untuk akses aki, differential pump, fuel pump yang tidak lagi muat di kap mesin depan. Ini menjadi keahlian Redux, sebagai builder berbasis performance tentunya Black Pals.  Redux meminta kesabaran customer untuk rentang waktu 18-24 bulan untuk pengerjaan restorasi dahsyat ini. [Ahs/timBX]

Tags :

#
bmw performance,
#
bmw,
#
redux