MENU
icon label
image label
blacklogo

Red Bull Ring 2021 Apakah Masih Milik Pembalap Ducati?

AUG 05, 2021@09:00 WIB | 277 Views

Masih ada 11 gelaran MotoGP di paruh semester 2021 ini, cukup panjang dan melelahkan. Waktunya para rider MotoGP unjuk gigi di seri Styria 2021 yang digelar 8 Agustus 2021 nanti. Bagaimana dengan Joan Mir yang tahun kemarin runner up di sirkuit dengan ketinggian 677 mdpl ini? Atau Doviozo, rider dengan tiga kemenangan di sirkuit yang seram ini yang sayangnya tidak ikut serta dalam ajang Motogp tahun ini.

Hal ini berarti semua rider berpeluang menjadi pemenang. Bersiaplah diganjar dengan membawa pulang BMW M4 sebagai hadiah utamanya, karena seri Styria bagian dari kerjasama BMW Global dengan Dorna.

Nama Red Bull Ring sendiri baru diberikan pada 2016 silam, dengan nama aslinya A1-Ring.  Pasalnya, setelah disetujui masuk MotoGP, sponsor utamanya adalah minuman berenergi asal Austria Red Bull. Sirkuit ini berlokasi Spielberg di wilayah von Styria. Sebuah lokasi di kaki pegunungan Alpen dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan lokasi perkebunan untuk berwisata. 

Red Bull Ring yang menggelar balap MotoGP pertama kali di musim 1996 tersebut, memiliki panjang lintasan 4,3 KM dan lebar 13 M. Trek lurus terpanjang di Red Bull Ring (dulu bernama A1-Ring) mencapai 626 M, sementara jumlah tikungannya 13, dengan rincian 3 tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan.

Tikungan pertama menjadi momok neraka bagi setiap pembalap. Tikungan 90 derajat tersebut bisa menyebabkan crash masal, seperti yang terjadi di Moto2 tiga tahun lalu.

Sirkuit ini punya selisih titik tertinggi dan titik terendah lintasannya hingga 65 meter. Jumlah tikungan 13 merupakan jumlah paling sedikit dari seluruh lintasan di dunia.  Meski dengan trek lurus hanya 626 meter, di sirkuit Red Bull Ring inilah kecepatan pembalap menjadi yang tertinggi, rata-rata 183,2 km. 

Jadi banyak titik pembalap bisa mengambil kesempatan untuk menyalip. Berbanding terbalik dengan kecepatan rata-rata  pembalap, setiap pembalap susah mencetak top speed, karena lintasan lurus yang pendek.  Kecepatan tertingginya hanya 316 kpj saja. 

Rider Ducati akan saling bertarung di lintasan depan, begitu juga dengan rider KTM yang  menjadi tuan rumah. Quartararo juga punya dua pengalaman kemenangan di sirkuit ini. Joan Mir bakal bertarung habis-habisan untuk penambahan point maksimal. Para riders bersiaplah bertarung di Red Bull Ring 2021. [Ahs/timBX]

Tags :

#
red bull ring,
#
motogp 2021,
#
motogp,
#
styria,
#
motogp styria