MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Taycan Diprediksi Gunakan Platform Mission E Cross Turismo

MAR 19, 2019@09:00 WIB | 473 Views

Pabrikan otomotif asal Jerman, Porsche, akhirnya tengah bersiap untuk meluncurkan mobil listrik produksi pertamanya. Menurut jadwal, mobil jenis sedan liftback itu akan diperkenalkan secara resmi kepada publik pada kuartal III/2019 atau sekitar September 2019.

Berdasarkan informasi yang beredar di jagad maya, Porsche melebeli kendaraan ramah lingkungan mereka tersebut dengan sebutan Taycan. Nampak pula, beberapa rupa Taycan yang terkesan menggoda dengan sentuhan khas tampilan muka dari sedan Porsche. 

Namun, sumber yang kami dapat tersebut belum dapat terkonfirmasi secara penuh apakah model tersebut yang nantinya akan dijadikan acuan produksi masal, atau masih berupa prototype  yang memerlukan pengembangan lagi. 
Akan tetapi, melihat keutuhan purnarupa Porsche Taycan saat ini, sudah cukup rasaanya mata ini dimanjakan oleh kemolekan desain kendaraan elektrik tersebut. 


Dan, jika benar Porsche tidak melakukan perubahan sisi eksterior, maka adalah sebuah momen langka dapat melihat mobil praproduksi massal yang dapat dengan mudah ‘ditelanjangi’ di dunia maya. Memang, kesan yang selama ini didapat pada kendaraan yang belum di-launching sangat tertutup, apalagi dari segi bentuk.

Pun demikan dengan Taycan. Pihak Porsche juga tertarik untuk merahasiakan hal-hal detail kendaraan modern tersebut.
Menurut beberapa pakar otomotif Eropa yang berkesempatan menjajal prototype Taycan, meraka mengalami kesuliatan untuk mendeskripsikan performa kendaraan, karena memang pihak produsen sangat membatasi informasi kendaraan. 

Spekulasi akhirnya berkembang, Porsche diyakini akan membenamkan mesin bertenaga 600 horsepower  pada Taycan. Banyak pihak juga berharap Taycan akan mengikuti hirarki varian khas dari model S. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada versi Turbo, walaupun dianggap sulit untuk direalisasikan mengingat mobil elektrik jarang yang memiliki mesin pembakaran internal.

 Menurut situs Evo.co.uk menyebutkan bahwa platform Taycan benar-benar baru. Motor listriknya terletak di setiap axle yang mengkombinasikan tenaga sebesar 600 hp. Jika melihat saudaranya Mission E Cross Turismo sebagai mobil konsep, akselerasinya untuk menembus 100 kpj, cukup 3,5 detik. Dan kecepatan tertingginya dibatasi 155 mph atau sekitar 249 kpj, dan untuk melahap kecepatan 200 kpj hanya butuh kurang dari 12 detik. 

Meski belum ada informasi resmi, situs ini cukup yakin, bahwa sistem kelistrikan mesin Taycan mirip dengan Mission E Cross Turismo. Taycan dilengkapi dengan sistem pengisian daya 800-volt Porsche. Pengisi baterai juga diklaim cukup cepat dengan tingkat keterisian 80% hanya dalam waktu 15 menit.

 

So far, banyak orang yang menganggap Taycan wajib menjadi koleksi kendaraan mereka, mengingat nama besar Porsche yang menjadi semacam referensi dari sebuah kualitas kendaraan. Anggapan itu tidaklah berlebih jika berkaca pada jumlah praorder Taycan yang telah menyentuh angka 20.000 unit. Dari total pesanan tersebut, rasanya bukan hal yang haram bagi Porsche untuk meningkatkan kapasitas produksi perdana Taycan ke angka 40.000 unit pada tahun pertamanya.

Anda tertarik dengan mobil elektrik pertama dari Porsche, Black Pals? Siapkan kocek sekitar US$87.000 untuk dapat memboyong Taycan ke garasi rumah anda. 

[Sumber dan Foto : berbagai sumber]

Tags :

#
porsche,
#
porsche taycan,
#
full electric car,
#
teaser,
#
mission e cross turismo