MENU
icon label
image label
blacklogo

Pininfarina Tunda Peluncuran Battista Anniversario Tahun 2021

AUG 10, 2020@13:00 WIB | 323 Views

Rencana Pininfarina (APF) untuk meluncurkan kendaraan listrik (EV) kelas atas “Pininfarina Battista” dinyatakan harus mengalami penundaan hingga akhir tahun 2021. Penundaan dilakukan lantaran terkendala situasi pandemi covid-19 yang mendunia.

“Kami adalah pemain kunci di kelas EV dan kami mencoba berupaya memenuhi pasar dari hulu ke hilir bersama Mahindra Electric dan APF.” Tegas Pawan Goenka, MD of Mahindra & Mahindra kepada awak media pada acara Q1 earnings conference minggu lalu perihal penundaan peluncuran Pininfarina Battista.

Automobili Pininfarina milik Mahindra Group telah meluncurkan hyper electric GT yang ultra-exclusive, Battista Anniversario, dengan harga 2,6 juta Euro (Rs 21,09 crore) awal Maret lalu. Battista Anniversario dibangun untuk merayakan 90 tahun Pininfarina. Battista Anniversario hanya akan dibuat 5 unit mobil.

Didukung oleh sasis monocoque serat karbon yang sama dan bodi Battista 'biasa' yang diluncurkan tepat setahun sebelumnya, Battista Anniversario menghasilkan 1.900 hp dan torsi 2.300 Nm setara dengan tenaga empat motor listrik yang membuat mobil melaju dari 0 hingga 100 km / jam.

Dalam waktu kurang dari dua detik dan hingga 300 km / jam dalam waktu kurang dari 12 detik. Hyper electric GT dapat menempuh jarak lebih dari 500 km dengan paket baterai 120 kWh yang dipasang di dalam rangka karbon T-shaped di bagian bawah sasis.

Battista Anniversario mendapatkan paket 'Furiosa' yang menawarkan splitter depan serat karbon yang telah diperbaharui, bilah samping dan diffuser belakang, yang sekarang dapat dipilih oleh pelanggan reguler Battista.

Bagian body Anniversario hadir dengan karbon khas dua warna yang terbuka dan karbon berwarna Iconica Blu dengan garis-garis di Bianco Sestriere. Selain livery eksklusif, Anniversario juga mendapatkan sayap belakang yang dipesan lebih dahulu, sirip aero belakang, kunci tengah berbahan alumunium yang dipesan secara khusus.

"Selama 90 tahun, nama Pininfarina telah menjadi yang terdepan dalam desain dan performa otomotif, dan Battista dengan sempurna merangkum nilai-nilai ini. Ekspresi utama dari Battista, Anniversario, adalah manifestasi dari segala sesuatu yang telah dipertahankan oleh merek tersebut di masa lalu. dan yang sekarang kami perjuangkan di masa depan, menciptakan puncak keinginan baru untuk mobil listrik." Kata Michael Perschke, CEO Automobili Pininfarina pada saat peluncuran.

Sementara itu, tema yang dipesan lebih dahulu berlanjut dengan jok sport unik berbalut kulit hitam dan Alcantara hitam, pelat sasis berukir, ukiran lampu depan, tulisan 'Anniversario' di sayap samping, plakat pintu khusus anodized hitam, logo khas 'Pininfarina 90', dan logo khusus pelat sasis terukir di antara jok.

"Battista Anniversario menampilkan salah satu pelapis akhir cat paling rumit di dunia. Proses pembuatan pelapis semacam itu mirip dengan pelukis hebat yang menyelesaikan lukisan Old Master. Hasilnya lebih dari sekadar karya seni visual. Penataannya diimbangi dengan performa terbaik sehingga menghasilkan produk Pininfarina yang murni: the beauty of power and the power of beauty." Luca Borgogno, Chief Design Officer, Automobili Pininfarina menambahkan.

Kelima unit Battista Anniverario akan menjadi bagian dari pengiriman 150 hypercar Battista yang akan dibuat dengan tangan (hand-built) di Italia.

Sekadar diketahui, Pininfarina merupakan perusahaan desain mobil yang didirikan tahun 1930 oleh Battista Farina dan berbasis di Turin, Italia. Perusahaan karosari ini berkembang pesat saat jasa desainnya digunakan oleh banyak manufaktur besar mulai dari Ferrari, Maserati, Cadillac, Nash, Peugeot, Jaguar, Volva, Alfa Romeo, Mg, Cisitalia, Lancia, Hingga Hyundai.

Memasuki usia ke-90 tahun, Pininfarina mengambil jalan baru, yakni terobosan mutakhir dengan merilis konsep hypercar listrik. Kehadirannya tak hanya menarkan desain anggun tetapi juga performa yang digadang-gadang bisa mengungguli performa Bugatti Chiron. Apakah yang dimaksud adalah Battista Anniversario? Kita tunggu saja! [asl/timBX]

Tags :

#
pininfarina