MENU
icon label
image label
blacklogo

Peugeot akan Kedatangan 3008 baru, Gunakan Platform Terbaru

JUN 08, 2020@10:45 WIB | 229 Views

PSA Groupe mengatakan akan memproduksi Peugeot 3008 versi terbaru, di Pabrik Sochaux di tahun 2022 mendatang. Mobil ini nantinya akan memiliki versi penggerak plug in hybrid dan versi listrik. Peugeot 3008 disinyalir akan menggunakan platform EMP2 V4, yang dikembangkan dari EMP2. Di tahun ini saja, ternyata PSA akan merilis kendaraan BEV (Battery Electric Vehicle) yang menggunakan platform EMP2. PSA melanjutkan bahwa EMP V4 disebut sebagai platform multi energi.

(Peugeot 3008)

Perubahan yang terjadi berdasarkan rancangan kelistrikan dan fungsi elektronik, karena platform ini memang khusus untuk kendaraan berbasi hybrid, mild hybrid dan listrik. Motor listrik sendiri diproduksi oleh PSA dan NIDEC, yang akan disematkan di e-3008, serta baterai sel sendiri berasal dari ACC (Automotive Cell Company). Automotive Cell Company sendiri merupakan perusahaan patungan antara Jerman dan Perancis.

(Pabrik PSA di Sochaux, Perancis)

Versi Hybrid akan menggunakan transmisi dual clutch 7 percepatan, dan baterai 48 volt untuk mild hybrid dan versi lebih tinggi untuk PHEV. Transmisi e-DCT akan menggantikan E-EAT8 otomatis, yang diproduksi dari Jepang. Mesin yang sebelumnya 1.6 liter akan diturunakn menjadi 1.2 liter Pure Tech. Nah, berkaitan dengan 3008 yag akan diproduksi di Sochaux, rencananya untuk Peugeot 308 akan pindah pabrik ke Mulhouse, meskipun belum tahu kapan terlaksana. Sochaux akan difokuskan untuk produksi SUV, yang kemungkinan hingga 2030.

(DS E-Tense)

Model DS yang juga satu grup PSA, juga masih terus diproduksi dan masih menggunakan platform EMP2. Nantinya, DS juga akan memiliki versi terbaru yang akan berubah naman menjadi DS 4, dan DS 4 e-Tense untuk versi listriknya. Namun masih belum jelas powertrain yang akan digunakan  DS 4 versi E-Tense. Media Prancis pun santer mengabarkan bahwa daya mobil ini akan berkisar 100 kW dan baterai 50 kWh.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
psa groupe,
#
peugeot 3008,
#
ds 4,
#
mobil listrik,
#
platform emp2 v4