MENU
icon label
image label
blacklogo

Perpanjang Kontrak di MotoGP, KTM Mundur dari Ajang Moto2 2020

AUG 13, 2019@13:00 WIB | 86 Views

KTM telah mengumumkan akan mempertahankan program MotoGP setidaknya sampai akhir 2026. Akan tetapi mereka akan menarik diri dari kelas Moto2 pada awal tahun depan.

Pabrikan asal Austria itu bergabung dengan MotoGP secara penuh waktu pada 2017, untuk kontrak lima tahun pertama. Kini mereka telah menegaskan kembali komitmennya setelah Stefan Pierer (CEO KTM) dan kepala promotor MotoGP Dorna menandatangani perjanjian baru di Red Bull Rig.

KTM saat ini memasukkan empat entri di MotoGP - dua dengan tim kerja dan dua dengan tim satelit Tech 3 - dan meraih podium perdana untuk pertama kalinya di kelas utama pada tahun lalu bersama Pol Espargaro (di GP Spanyol, Valencia).

“Kami membuat keputusan proaktif di rumah kami untuk memperbarui masa tinggal di MotoGP dan berkomitmen untuk lima tahun berikutnya,” pernyataan Stefan Pierer.

“Ini adalah bagian dari pandangan strategis yang lebih luas. Dan kami sekarang memiliki tujuh tahun untuk naik ke puncak kelas MotoGP, periode waktu yang sama ketika kami menaklukkan Reli Dakar."

Namun, bersamaan dengan pengumuman perpanjangan kontrak di MotoGP, pabrikan itu mengonfirmasi akan keluar dari Moto2.

KTM mengalami kesulitan di Moto2 sepanjang tahun ini, setelah beralih ke paket mesin Triumph, meskipun pengembangannya telah memungkinkan Brad Binder untuk meraih podium di Assen dan Sachsenring.

Perusahaan berbasis di Austria itu sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Jorge Martin bersama Iker Lecuona termasuk dalam tim pabrik Moto2 yang dikelola Ajo Motorsport untuk tahun depan. Mereka menegaskan akan menjaga hubungan dekat dengan tim Aki Ajo sebagai batu loncatan penting untuk KTM Red Bull di MotoGP.

Bersama tim pabriknya, KTM saat ini memasok motor untuk operasi Moto2 Tech 3, serta tim Angel Nieto, America Racing Team dan Kiefer Racing.

KTM mengatakan akan meningkatkan keterlibatannya di kelas Moto3 dan juga untuk Husqvarna, yang sedang berupaya memasuki kategori tersebut pada tahun 2020.

"Kami ingin meningkatkan Moto3, itu adalah fondasi dan pijakan balap jalanan untuk kami," kata Pierer. “Di sinilah kami memulai dan di mana kami adalah salah satu merek terkemuka.”

“Kami melihat peluang yang sangat baik di sini dengan membawa kembali Husqvarna dengan kekuatan ini juga, akan ada motor baru dan arahan khusus untuk proyek ini. Semua gerakan ini berarti kami akan mengumpulkan sumber daya dan energi besar, dan sebagai konsekuensinya, kami akan keluar dari Moto2."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
ktm,
#
motogp,
#
moto2