MENU
icon label
image label
blacklogo

Perpaduan Maskulinitas dan Praktikalitas Ala Mercedes Benz

MAR 26, 2020@17:10 WIB | 298 Views

Bagaimana rasanya jika sportscar dirancang memiliki daya angkut sebanyak empat penumpang? Apakah performanya akan menurun? Ini adalah sedikit dari banyak keraguan para pecinta otomotif terhadap kendaraan super yang memiliki empat pintu. Keraguan itu dijawab oleh Mercedes Benz dengan rilisan barunya yakni Mercedes Benz AMG GT 53 4Matic+ 4-Doors  Coupe. Nama yang cukup panjang bukan? Ayo kita bedah satu per satu.

Di Indonesia, Mercedes Benz resmi memperkenalkan varian baru AMG pada gelaran Star Drive pada 15 Maret 2020. Mengapa disebut varian baru? Jika biasanya sedan sports identik dengan dua kursi atau paling tidak hanya memiliki dua pintu, maka sedan terbaru ini memiliki kapasitas empat penumpang dan empat pintu sekaligus. Namun ini bukanlah sedan biasa, ini adalah sedan yang dikembangkan oleh tuner resmi Mercedes –Benz asal Grossaspach yakni AMG

Dilihat dari sisi luarannya, aroma AMG Gran Tourismo terlihat dari setiap sudutnya. Di bagian depan, grill besar yang diisi oleh palang-palang lurus serta penempatan logo bintang bersinar yang cukup tebal presisi di tengah, dengan jelas memperlihatkan ini adalah  rancangan khas AMG. Bergeser pada bagian pencahayaan, Mercedes menempatkan sistem pencahayaan terbaik yang mereka miliki, AMG GT 53 dilengkapi LED cerdas dengan tingkat presisi yang tinggi serta Adaptive High Beam Assist Plus yang mampu memberikan visibilitas sempurna di jalan lurus hingga jalan berbelok. Di bawah grill besar, terdapat rangkaian bumper depan yang dirancang berdasarkan aerodinamika balap mulai dari front lip hingga air vent yang berada di kedua sisi depan kendaraan.

Karena ini adalah versi AMG, maka tak heran jika Mercedes Benz menempatkan velg AMG beraksen palang lima ukuran 20-inch dan dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport 4S. velg besar ini tidak hanya memberikan kesan sporty namun juga difungsikan sebagai penggerak dengan daya cengkram yang sempurna di jalanan.

Tanpa harus membaca brosur atau mencari profil kendaraan ini di Google, kamu akan dengan mudah membaca bahwa ini adalah sebuah sedan sport berdesain coupe. Streamline, hingga lekuk-lekuk kendaraan ini menandakan maskulinitas sekaligus seduktif pada saat bersamaan. Desain aerodinamika yang cenderung membulat memberikan kesan elegansi tersendiri disamping karena memang kendaraan ini dirancang sebagai sebuah kendaraan sport yang sangat asik jika dipacu pada kecepatan tertinggi—tentu harus di sirkuit ya. Dan inilah yang spesial dari mobil ini, Mercedes Benz AMG GT 53 memiliki empat akses pintu untuk masuk ke dalam kabinnya yang mewah. Meski coupe, keempat akses pintu dapat difungsikan dengan sangat baik dan dapat dijangkau dengan sangat mudah. Dan untuk menambahkan kesan mewahnya, Mercedes juga menyematkan frameless door yang sangat ciamik baik secara fungsi maupun secara desain.

Bagaimana dengan bagian dalamnya? Memasuki pintu depan, kamu akan disuguhkan dengan cockpit khas kendaraan balap rancangan AMG, di panel utama, layar besar berukuran 12,3 Inch yang memanjang hingga ke tengah dashboard kendaraan. Seluruh sistem kendaraan hingga sistem hiburan dapat terlihat jelas di layar digital yang sudah disematkan teknologi terbaru MBUX. Sebagai tambahan, MBUX adalah sistem interaktif cerdas dari Mercedes-Benz yang dapat diatur dengan suara. Pada bagian steer, kesan sporty terlihat dari penggunaan steer semi bulat berbalut kulit halus yang dilengkapi dengan pengaturan speed-limiter hingga pengaturan tampilan pada panel display. Di sisi konsol tengah, berbagai tombol ala kendaraan sport siap memanjakan para pecinta kecepatan.

Kenyamanan serta keamanan paripurna juga ditawarkan oleh penggunaan bucket seat berbagan kulit premium yang nyaman dan dapat memberikan keamanan ekstra saat berkendara baik pada mode eco hingga mode sport plus.

Kursi baris kedua menawarkan sensasi kenyamanan yang sama seperti sedan eksekutif S-Class. dua buah tempat duduk yang presisi berbalut Nappa leather mampu menunjang kenyamanan penumpang belakang. Dan tentu, Aura AMG terpancar di setiap sudut kabin kendaraan mulai dari konsul tengah hingga arm rest berlabel logo AMG.

Mercedes AMG GT 53 dipersenjatai dengan mesin 6-silinder segaris, 3.0-liter yang ditopang  turbocharger. Pada puncak performanya, mesin rancangan AMG ini mampu menyemburkan tenaga

Daya tertinggi yang disemburkan dari keenam silinder mencapai 441 HP dengan torsi maksimum 520 Nm. Tak cukup disini, Mercedes juga mendukung mesin ini dengan EQ Boost starter-yang mampu memberikan hentakan tenaga tambahan sebesar 22 PS dan torsi 250 Nm. Semburan melimpah ini disalurkan melalui transmisi AMG Speed-shift Dual Clutch Transmission yang sangat impresif dan responsif untuk Melesat dari awal hingga ke 100 km/jam ditempuh dalam 4,5 detik. Bisa kamu bayangkan betapa kuatnya mobil ini.

Ini adalah Mercedes Benz AMG GT 53 yang memadukan unsur maskulintas tenaga sport, lekuk coupe nan atletis dan elegan dan praktikalitas luar biasa dengan konfigurasi empat penumpangnya. Terobosan yang sempurna dari Mercedes Benz dan AMG.[Agn/Hsn/timBX]

Tags :

#
mercedes,
#
mercedes benz,
#
mercedes benz amg gt 53 4matic+ 4-doors coupe,
#
star drive