MENU
icon label
image label
blacklogo

Penuhi Janji Line Up Mobil Baru, Daihatsu Rahasiakan Model dan Waktunya

JAN 16, 2021@13:03 WIB | 330 Views

Dimasa  pandemik, yang berjalan 10 bulan di Indonesia, atau dalam kurun 12 bulan selama 2020, industri otomotif nasional telah mengeluarkan 17 unit baru, dari mulai varian LCGC hingga SUV.  Dengan mobil baru yang cukup lumayan banyak, market otomotif nasional dari passenger car telah menghasilkan penjualan sebesar 578 ribu unit mobil nasional. Angka tersebut diatas angka minimum yang ditetapkan Gaikindo sebesar 550 ribu unit atau setara dengan 55% bila dibandingkan market 2019 yang mencapai 1 juta unit.

Sementara dari 578 ribu unit tersebut, Astra Daihatsu mampu menjual varian produknya hingga 100.026 unit di retail sales. Sementara whole sales mencapai 90.724 unit. Varian paling laris masih belum tergantikan. Daihatsu Sigra mampu terjual dengan 26.219 unit.  Disusul dengan MPV andalan Daihatsu Terios 14.493 unit. Sementara hatchback Ayla punya karakter yang melekat di hati customer terjual dengan 12.791 unit. Grand Max melengkapi varian minibus terjual dengan hingga 10.179 unit. All New Xenia yang penjualannya  mulai turun 9.231 unit dan ditutup dengan Luxio dan Sirion di 2816 unit.  
"All New Grand Xenia dari sisi Demand tahun 2020 menurun. Melihat kondisi market Xenia mulai kalah pamor dengan Sigra sebagai LCGC seven seater. Dengan budget customer yang tidak seperti tahun sebelumnya. Market lebih memilih seven seater secara fungsional, dibanding Xenia," tutur Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head Astra Daihatsu.

Astra Daihatsu Motor Berikan Lampu Hijau untuk Mesin 1000 cc Turbo di Market Domestik

Sementara kehadiran varian baru, yang belum dibocorkan varian apa yang bakal diperkenalkan ke publik.  Melihat Daihatsu Jepang, varian yang baru diluncurkan Taft Reborn, atau Daihatsu Rocky, atau Daihatsu Tanto yang pernah dipamerkan di GIIAS 2019.  


 "Pada dasarnya, Daihatsu bakal menyempurnakan produknya pada waktu yang tepat. Daihatsu sudah mempersiapkan roadmapnya. Meski dengan produk baru yang diluncurkan, market tidak banyak berubah, Karena perubahan market cukup bergantung dengan GDP nasiona yang belum stabil ini," tutur Amelia Tjandra Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor. 


Merujuk statemen sebelumnya, bahwa mesin 600 cc dengan turbo sudah diujicoba, dan cocok dengan kontur aspal di Indonesia. Sementara juga bakal digunakan mesin 1000 cc sebagai dapur pacu kedua mobil tersebut, seperti  Taft Reborn, Daihatsu Rocky atau gaya kei car Daihatsu Tanto dengan mesin 600 cc plus Turbo.  Apakah ketiga mobil tersebut bakal masuk ke market Indonesia, atau lebih mengembangkan varian yang ada sekarang, yang jelas sinyal kedua kemunculan varian baru lebih mendekati kenyataan. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
astra daihatsu motor,
#
daihatsu rocky,
#
daihatsu taff,
#
daihatsu tanto