MENU
icon label
image label
blacklogo

Penjualan Menurun, Ford Endura Hentikan Produksi

NOV 06, 2020@19:00 WIB | 224 Views

Endura, salah satu koleksi mobil dari Ford, dikabarkan akan segera menghentikan produksinya di Australia. Padahal mobil ini baru dirilis kurang dari dua tahun lalu, tepatnya pada Desember 2018. Langkah ini akan membuat si ‘merek biru’ hanya memiliki tiga model SUV dalam jajarannya, yakni Puma, Escape, dan Everest.

Padahal seminggu yang lalu, Ford mengindikasikan hal yang berbanding terbalik dengan mengatakan, “Endura tetap menjadi bagian dari line-up Australia kami.” Namun pada saat yang sama, perusahaan tidak akan berkomitmen untuk mengimpor versi MY21 yang telah ditingkatkan seperti diumumkan di Amerika Serikat minggu lalu.

Pada Jumat (6/11/20), sejumlah dealer Ford mengkonfirmasi rumor industri bahwa Endura akan dihentikan karena lambatnya penjualan. Sehingga tingkat stok saat ini sangat rendah dan pasokan produk baru tak akan datang. Ini termasuk versi hibrida plug-in pertama (PHEV), yang telah ditunda selama satu tahun karena pesanan penghentian penjualan dan penarikan kembali di Eropa. Keputusan ini diambil menyusul masalah modul pengisian daya baterai yang terlalu panas.

Apabila melihat data penjualan, Ford Endura memang mengalami penurunan penjualan sebesar 40 persen sepanjang tahun ini. Endura hanya menembus sekitar seribu penjualan, atau menyumbang 1,4 persen dari segmen SUV besar. Hasil ini sangat jauh dari Toyota Prado yang mendominasi pasar, yang telah menemukan 12.932 rumah hingga akhir Oktober 2020. Penjual terbaik berikutnya di segmen SUV besar adalah Toyota Kluger dengan 7.500 penjualan di tahun ini.

Namun tampaknya rentetan kabar kurang menyenangkan ini belum berakhir. Pekan lalu, pabrikan juga sempat mengkonfirmasi rumor tujuh kursi pertama dari SUV ukuran menengah, Escape yang baru diluncurkan, akan tersedia di Australia. “Kami tidak berencana untuk memperkenalkan varian selain yang sudah diumumkan,” demikian pernyataan dari Ford.

Akan tetapi, Escape juga mengalami penurunan penjualan mirip dengan Endura. Menurut sumber Ford, model Escape dengan tujuh kursi ini tidak mungkin untuk pasar Australia. Itu karena saingan langsung seperti Toyota, Mazda, Hyundai, KIA, dan Volkswagen, memperluas jumlah model SUV di jangkauannya.

Tahun depan, satu-satunya mobil yang akan dijual Ford Australia adalah mobil sport Mustang. Ford mengikuti strategi yang sama di Amerika Utara, di mana F-Series dan Explorer tetap menjadi model paling populer. Hanya saja dengan tambahan SUV seperti Bronco dan Mustang Mach E. Tetapi, tak satu pun dari model ini berada di pasar Australia. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
ford endura,
#
ford