MENU
icon label
image label
blacklogo

Pabrikan Mobil Asal Jepang Akan Bayar Biaya Paten Teknologi 4G

SEP 25, 2022@15:00 WIB | 186 Views

Nissan, Honda, dan Toyota semuanya akan membayar perusahaan telekomunikasi untuk teknologi nirkabel yang digunakan untuk teknologi car-connected mereka ke internet. Sejumlah besar perusahaan telekomunikasi, termasuk Nokia, telah menuntut pembayaran paten dari produsen mobil Jepang terkemuka untuk teknologi car-connected yang mereka gunakan. Biasanya, produsen mobil Jepang membiarkan pemasok suku cadang membayar biaya ini berkat posisi kuat mereka dalam industri otomotif.

Untuk pertama kalinya, pabrikan mobil Jepang ini telah setuju untuk membayar biaya lisensi tersebut dan bersama Stellantis, masing-masing telah menandatangani kontrak dengan Avanci yang menegosiasikan biaya paten untuk standar komunikasi LTE. Nikkei Asia melaporkan bahwa pabrikan mobil tersebut akan membayar antara $15 (Rp 227 ribu) dan $20 (Rp 302 ribu) per mobil yang menggunakan teknologi 2G, 3G, dan 4G.

Langkah dari pabrikan mobil Jepang ini membayar biaya paten untuk teknologi car-connected terjadi setelah sejumlah merek mobil Eropa turut menandatangani kesepakatan serupa dengan Avanci. Misalnya, Grup Mercedes-Benz setuju untuk membayar biaya lisensi 4G kepada Nokia pada Juni 2021. Perusahaan teknologi lainnya termasuk Panasonic Holdings, Sony Group dan Sharp juga merupakan bagian dari putaran negosiasi terakhir.

Konfirmasi bahwa banyak pabrikan mobil akan membayar biaya ini datang kira-kira delapan bulan setelah 48 perusahaan teknologi telekomunikasi menuntut pembayaran dari Toyota , Honda, dan Nissan, termasuk perusahaan seperti Ericsson, Philips, NTT, Sony Group, Panasonic, dan Sharp.

48 perusahaan ini memegang sekitar 70 persen paten esensial standar yang menjadi dasar teknologi 4G. Sebagian besar paten ini dianggap sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi car-connected dan mencakup berbagai metode transmisi serta penerimaan gelombang radio dengan perangkat komunikasi di dalam kendaraan. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
nissan,
#
toyota,
#
honda