MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Kembangkan Teknologi Baru yang Dapat "Menonaktifkan" Virus

SEP 24, 2022@14:00 WIB | 145 Views

Nissan mengumumkan telah bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Farmasi Universitas Tohoku untuk mengembangkan teknologi baru yang  dapat menonaktifkan virus. Menurut rilis, kolaborasi ini memanfaatkan "teknologi dan keahlian Nissan dalam pengembangan otomotif, dan teknologi fakultas Universitas Tohoku yang terkait dengan pengembangan obat, evaluasi obat, dan ilmu farmasi lainnya, persiapan katalis, dan evaluasi kinerja katalis."

Jadi bagaimana cara kerja teknologi baru ini? Teknologi ini menggunakan katalis oksidasi radikal nitroksil organik, atau dikenal sebagai katalis radikal. Mereka digunakan sebagai aditif dalam bahan dasar polimer cat otomotif, serta serat dan bahan polimer organik yang digunakan dalam interior dan eksterior kendaraan.

Pada mobil Nissan, katalis radikal mencegah reaksi fotodegradasi seperti retak, getas, dan memudar dalam jangka waktu yang lama. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut telah meneliti dan mengembangkan penggunaan lain dari katalis radikal dalam upaya untuk membuat sebagian besar aktivitas katalitik mereka dan lebih lanjut memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Dalam kasus virus, katalis radikal dapat menonaktifkan virus dengan mengoksidasi senyawa organik, atau lebih khusus, menonaktifkan protein spike untuk mencegah pengikatan dengan sel manusia. Hasil studi menunjukkan teknologi ini terbukti bekerja pada SARS-CoV2 (strain omicron) bahkan terhadap varian SARS-CoV2 feline coronavirus juga diuji dan terbukti efektif.

Bahan katalis radikal ini juga bekerja dalam kondisi gelap pada suhu kamar tanpa memerlukan penyinaran cahaya, seperti yang biasanya terjadi pada oksidasi. Selain itu, Nissan mengatakan bahwa teknologi ini juga dapat menonaktifkan patogen seperti jamur dan bakteri. Perusahaan juga melihat berbagai aplikasi untuk teknologi tersebut di masa depan. Ini termasuk bahan dasar antibakteri dan antivirus dalam filter untuk peralatan AC dan pembersih udara. Mereka juga dapat digunakan dalam masker dan tekstil yang digunakan di rumah sakit. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
nissan