MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan dan Mitsubishi Luncurkan 4 Mobil dengan Teknologi Semi Otonom untuk Market Jepang

MAR 16, 2019@16:00 WIB | 1,120 Views

Tak hanya Xpander dan All New Nissan Livina sebuah kerjasama aliansi global yang akan menjadi ujung tombak penjualan dan desain produk. Antara Mitsubishi dan Nissan telah mempersiapkan sejumlah desain lain yang akan menggebrak pasar otomotif. Nissan yang unggul dalam hal teknologi canggih akan mengawinkan sejumlah teknologinya dengan Mitsubishi yang lebih berpengalaman membangun mesin mobil berkarakter.

Jika kita tengok aliansi global tersebut bernama Renault Nissan dan Mitsubishi (RNM). Aliansi ini telah menembus penjualan dunia hingga 10,76 juta unit mobil selama tahun 2018. Keberhasilan RNM inilah yang menjadi semangat positif dalam membangun bisnis di tahun berikutnya. Semangat tersebut salah satunya tertuang dalam NMKV, sebuah joint venture antara Nissan dan Mistubishi dalam mengembangkan mobil berbasis kendaraan mini, lebih ke tipe wagon yang lebih tinggi.

Lebih fokus NMKV akhirnya meluncurkan produksi All-New Mitsubishi eK Wagon, Mitsubishi eK X, Nissan Days dan Nissan Days Highway Star.  Produksinya telah dimulai di pabrik Mizushima, milik Mitsubishi di Kurashiki, Jepang. Teknologi yang ditawarkan antara lain teknologi semi otonom, yang didesain untuk single lane use di jalan raya.

Peluncuran NMKV pertama telah terjadi pada tahun 2013, dan kolaborasinya berlanjut hingga tahun 2016.  Seperti halnya keberhasilan Xpander, merebut pangsa pasar low MPV di Indonesia dari Toyota dan Daihatsu yang telah melakukan kolaborasi sejak 2004. Mitsubishi rela berbagi platform dengan Nissan Livina untuk mewujudkan keberhasilan RNM di tingkat global.

Keempat model tersebut telah ditingkatkan berdasar performance, upgrade platform, mesin dan transmisi. Desain juga benar-benar baru. Mini vehicles kedua brand tersebut menjadi kunci komponen kerjasama, meski mereka menjual produk secara masing-masing.

Sebagai peresmian NMKV di Pabrik Mizushima dan keempat varian mini vehicle tersebut, acara itu dihadiri petinggi dari kedua brand, dan NMKV. CEO dan Ketua Mitsubishi Motors Osamu Masuko, SVP Nissan Asako Hoshino dan CEO dan Presiden NMKV Junichi Endo hadir dan berjanji untuk terus bekerjasama.  Akhir bulan Maret ini, kedua mobil tersebut mulai dijual di Jepang. [Ahs/timBX]

Tags :

#
nissan,
#
mitsubishi,
#
semi otonom,
#
nmkv,
#
wagon,
#
all-new mitsubishi ek wagon,
#
mitsubishi ek x,
#
nissan days,
#
nissan days highway star