MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Bikin Altima-te AWD Dengan Roda Tank

JAN 31, 2019@08:00 WIB | 655 Views

Melanjutkan tradisi Nissan, "Altima-te AWD" yang dilengkapi dengan sistem kaki-kaki tank membuat debut globalnya di 2019 Montreal International Auto Show.

Ini adalah sedan yang tidak seperti apa pun yang disajikan Nissan sebelumnya - kendaraan riset yang mewakili era baru kemampuan All-Wheel Drive (AWD) dan pilihan AWD tambahan untuk para pelanggan Nissan di Kanada. Dinamai "Altima-te AWD," kendaraan riset one-off ini didasarkan pada Nissan Altima AWD 2019 terbaru, dan melanjutkan kebiasaan Nissan menciptakan model yang agresif, model satu-satunya ini telah dilengkapi dengan sistem trek tugas berat.

Versi produksi 2019 Nissan Altima juga merupakan sedan yang tidak seperti yang dihadirkan Nissan sebelumnya, sebagai sedan pertama di Amerika Utara yang menawarkan All-Wheel Drive. Di Kanada sendiri, sistim AWD dipasang sebagai standar pada varian Altima 2019.

Seperti Rogue Warrior yang memulai debutnya di Montreal International Auto Show (MIAS) 2016 silam, Nissan Altima-te AWD dimodifikasi sepenuhnya oleh Motorsports in Action (MIA) yang berbasis di Quebec, menggunakan sistem roda trek DOMINATOR® dari American Track Truck.

"Ini bukan Altima yang lama; untuk model tahun 2019, kami sedang mendefinisikan kembali apa arti nama bersejarah ini. Dengan kelangkaan konfigurasi all-wheel drive yang tersedia untuk pasar sedan, kami ingin membuat pernyataan kepada pelanggan. Rata-rata orang tidak menganggap sedan bisa menawarkan AWD," kata Joni Paiva, presiden Nissan Canada Inc.

Roda trek berukuran panjang 1.220 milimeter, tinggi 750 milimeter, dan lebar 380 milimeter. Nissan Altima-te AWD membutuhkan modifikasi bodi dan sasis yang lebih ekstrem dibandingkan dengan perubahan yang dibuat untuk kendaraan proyek Rogue Warrior.

Modifikasi eksterior paling menonjol untuk eksterior Altima terlihat di fender depan dan belakang yang melebar 180 milimeter di setiap sisi, untuk mengakomodasi sistem trek DOMINATOR, menambah lebar bodi total sebesar 360 milimeter. Ini menghasilkan sosok yang tegas, sambil mempertahankan esensi desain sedan Altima dan garis-garis disain yang mengalir.

Untuk memodifikasi fender, tim MIA menerapkan proses kompleks yang melibatkan desain dan fabrikasi kit tubuh lebar yang dibuat khusus, dan membangun bagian fender menggunakan busa kepadatan tinggi dan resin epoksi yang biasanya digunakan untuk kegiatan kelautan.

Proses ini saja berjumlah lebih dari 150 jam kerja. Total proyek membutuhkan waktu 250 jam untuk diselesaikan. Flare fender yang ekstrem memungkinkan salju tidak banyak menempel, yang dapat menghalangi visibilitas pengemudi.

Untuk membuat Nissan Altimate-AWD berfungsi penuh, tinggi kendaraan harus ditingkatkan. MIA merancang dan membangun komponen yang diperlukan untuk menaikkan mobil hingga 80 milimeter. Untuk mencapai hal ini, bantalan sasis depan dan belakang turun sebesar 30 milimeter dan komponen suspensi dinaikkan sebesar 50 milimeter.

Geometri suspensi diperbaiki untuk mengimbangi penyimpangan yang disebabkan oleh perubahan ketinggian berkendara, dan mengembalikan kinematika yang tepat. [bil/timBX]

Tags :

#
nissan,
#
altima-te awd,
#
all-wheel drive,
#
dominator,
#
american track truck,
#
motorsports in action,
#
quebec,
#
canada,
#
rogue warrior,
#
nissan canada,
#
auto news