MENU
icon label
image label
blacklogo

Neraka MotoGP Catalunya, Marquez Kembali Juara Setelah 5 Tahun

JUN 17, 2019@13:13 WIB | 1,098 Views

Dari 24 Pembalap, Hanya 13 Pembalap yang berhasil finish

Lorenzo melakukan lompatan besar dengan menduduki posisi 4 dari garis start.  Posisi riding Lorenzo yang terlalu keluar membuatnya tergelincir dan menyebabkan empat pembalap keluar bertabrakan karena tabrakan beruntun, Doviziso, Vinales, Rossi dan Lorenzo gagal mendapatkan poin di sirkuit Catalunya. Sepertinya aspal baru sirkuit Catalunya tidak terlalu bersahabat dengan empat pembalap tersebut.

Marquez yang  mendorong motornya full throttle berhasil memimpin balapan, disusul dengan  Petrucci, Quartararo dan keempat Alex Rins.  Miller menyusul di ke lima disusul Joan Mirr di posisi ke 6. 

Lima lap berlangsung, Alex Rins mencoba menyalip Quartararo di lap ke 19 dan disalip kembali oleh Quartararo akibat sosisi Rins yang keluar dari race line.  Pertarungan merebut juara kedua antara ketiga pembalap telah beralngsung selama 7 lap, Alex Rins mencoba menempel ketat Petrucci dan dibuntuti oleh Quartararo. 

Memasuki 14 belas lap tersisa,  pertarungan 3 pembalap Ducati, Suzuki dan Yamaha SRT berlangsung cukup ketat dan konsisten. Petrucci yang beberapa kali hampir disalip oleh Rins mampu mengambil kembali posisinya, dengan teknik cornering dan pengereman yang baik.



Alex Rins kembali mengambil pimpinan posisi kedua dari Petrucci  setelah sedikit bersinggungan antara kedua pembalap.Di lap ke-10, Jack miller berhasil merangsek di posisi ke 5 menyalip setelah pembalap Quartararo. Namun kecerdikan dan kegesitan Quratarro berhasil mengambil posisinya kembali. 

Kejadian nahas, rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli terjatuh di tikungan ke-7 di lap 8. Situasi kembali memanas, ketika Petrucci kembali merebut posisi kedua dari Alex Rins. 


Alex Rins melebar dan posisi kedua direbut oleh Quartarao. Saat itu Ales Rins tercatat mencapai kecepatan 300 kpj dan mengerem untuk membelok di tingungan pertama dengan kecepatan turun ke 100 kpj,  Sempat hampir jatuh, namun  akhirnya  motor GSX RR berhasil dikendalikan dan masuk diposisi ke-7 dibelakang Joan Mir.

Lomba MotoGP tersisa 6 laps, Cal Cruthlow yang menempati posisi ke lima kehilangan kendali dan keluar sirkuit. Sedangkan pembalap 20 tahun, Quartararo mampu menjaga gap yang baik dengan Petrucci dan berhasil mempertahankan posisi kedua. 

Dua lap tersisa, hanya 13 pembalap yang mampu meneruskan balapan. Alex Rins mencoba menempel ketat Jack Miller yang berada diposisi ke empat, dibuntuti rekan setiimnya Joan Mir.
Alex Rins berhasil mengambil posisi keempat dari Miller,  dan mempertahankan hingga di tikungan terakhir.

Marq Marquez berhasil mengambil finish pertama, diikuti Quartararo, Petrucci, Alex Rins dan Jack Miller serta Joan Mirr diposisi ke enam.

Catatan Waktu Pembalap yang Finish di Catalunya

1. Marc MARQUEZ Repsol Honda Team 40'31.175 
2. Fabio QUARTARARO Petronas Yamaha SRT +2.660 
3. Danilo PETRUCCI Mission Winnow Ducati +4.537 
4. Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR +6.602 
5. Jack MILLER Pramac Racing +6.870 
6. Joan MIR Team SUZUKI ECSTAR +7.040 
7. Pol ESPARGARO Red Bull KTM Factory Racing +16.144 
8. Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU +17.969 
9. Tito RABAT Reale Avintia Racing +22.661 
10. Johann ZARCO Red Bull KTM Factory Racing +26.228 
11. Andrea IANNONE Aprilia Racing Team Gresini +32.036 
12. Miguel OLIVEIRA Red Bull KTM Tech 3 KTM +44.666 
13. Sylvain GUINTOLI Team SUZUKI ECSTAR +51.363 

Tags :

#
motogp catalunya,
#
marquez,
#
alex rins,
#
daniel petrucci,
#
fabio quartararo,
#
joan mir,
#
catalunya 2019