MENU
icon label
image label
blacklogo

Motor Custom BMW R80 Buah Tangan Niks Motorcycles

MAY 23, 2021@20:00 WIB | 289 Views

Ada formula untuk custom BMW yang dapat diatasi. Beberapa tahun lalu misalnya, bengkel Eropa seperti Café Racer Dreams di Madrid menemukan sebuah resep dan menyempurnakannya dalam beberapa build.

Tapi terkadang formula bebal dibuang dan kali ini bengkel Spanyol lainnya sebuat saja Niks Motorcycles of Barcelona mengambil alih. R80 yang menarik ini disebut 'Nightmare' dan membuang tangki BMW yang ikonik. Sebaliknya, fokus visual ada pada mesin, dan alat berat memiliki desain yang sangat ringan dan lapang.

Ada empat anggota di tim Niks, termasuk pendiri Nicos Marquès dan Xavi, pemilik BMW ini. Kuartet ini berkumpul pada tahun 2005 untuk membangun bea cukai untuk kesenangan mereka sendiri, dan setelah menyempurnakan keterampilan kerja harian mereka dalam desain industri, mekanik, dan pengerjaan logam, go public pada tahun 2015.

Xavi adalah pemilik R80 menganggap batasan anggaran tidak berlaku dan ada kebebasan berkreasi sepenuhnya. Menurut Xavi, kru berkonsentrasi pada "garis estetika sepeda motor, dan membuat mesin bersinar — karakter penting dari proyek ini". Tampilannya mencolok dan langsung menarik perhatian. 

“Salah satu ide utamanya adalah menjaga agar BMW tetap sangat sempit dari tampilan atas, dan memberikan garis yang bersih dari samping,” kata Xavi kepada Bike Exif. “Dengan begitu, saat Anda mengendarai sepeda, Anda merasa seperti 'mengendarai mesin'.”

Motor boxer telah mendapat banyak perhatian. Setelah rekondisi lengkap, dengan bantalan crankshaft, rod dan rocker baru, Niks meningkatkannya menjadi 1000cc menggunakan silinder baru dan piston kompresi tinggi.

Setiap kepala silinder juga telah diperbarui, dengan port intake dipoles, dan dikerjakan agar sesuai dengan busi kedua untuk pembakaran yang lebih baik. Untuk membuat pengaturan percikan ganda bekerja, sepasang Silent Hektiks ganda telah menggantikan kumparan stok. Dan tugas alternator dan sistem pengapian sekarang ditangani oleh Silent Hektik LiMa 410 — alternator tiga fase 410W dan kit pengapian digital. Sedangkan untuk juice berasal dari baterai lithium Skyrich, yang bersembunyi di bawah gearbox (yang sepenuhnya dibangun kembali).

Bagian paling aneh dari penyiapan mesin adalah karburasinya: Karbohidrat Bing standar telah diganti dengan karburator Weber kembar dari mobil. “Itu tidak mudah untuk disesuaikan, tetapi berkat bantuan dari Voodoo Garage — yang telah melakukan ini sebelumnya — prosesnya menjadi lebih lancar daripada yang seharusnya,” kata Xavi.

Nyaris tidak dapat membayangkan betapa sulitnya membuat Weber berfungsi, tetapi tampilannya bagus dengan intake udara di bawah jok dan menambah kesan minimalis. Manifold intake yang panjang dan montok terlihat seperti perpanjangan dari knalpot, dan pipa di kedua ujung intake dan exhaust dibuat dengan indah. Ini adalah karya lokal Barcelona Christoffer Mårtensson.

Namun, tangki itulah yang akan membuat mata tertuju terlebih dahulu. "Kami berhasil menemukan tangki Honda tua yang sangat pas dengan lebar bak mesin BMW — sangat kecil dan sempit," kata Xavi.

Tangki telah dimodifikasi agar sesuai dengan rangka, dan bagian depan 'terowongan' tangki dimasukkan ke dalam kotak untuk menyimpan elektronik — termasuk kotak kontrol Motogadget m.unit. Tutup bensin telah diganti dengan tipe Monza klasik, dan ada tabung tingkat bahan bakar di sisi kiri tangki.

Bagian atas dan belakang bingkai baru. “Baut subframe asli terpasang pada rangka, tetapi sekarang menjadi satu bagian,” kata Xavi, “dengan pengecualian loop belakang, yang dapat dilepas melalui empat sekrup tersembunyi. Shock Suspensi TFX baru dibaut ke dudukan baru dan lebih panjang dari stok, untuk menaikkan garis atas 'mengambang'. Dan ada kursi baru yang sederhana namun berkelas, lagi-lagi dibuat oleh Christoffer Mårtensson.

Suspensi depan mendapat upgrade, dengan garpu (dan kuk) yang lebih besar dari BMW R100R. Mereka telah dipersingkat untuk meningkatkan posisi sepeda, dengan pegas progresif di dalam dan tutup garpu baru dengan penyesuaian pramuat yang berguna. Kaliper rem R100R juga ikut digunakan, dihubungkan ke master silinder Brembo dengan reservoir bulat terintegrasi: "Seperti yang ada di Ducati lama — ini memberi lebih banyak perasaan."

“Kami mencari posisi berkendara yang nyaman, jadi kami memilih bilah hitam 'Comfort' 22mm LSL,” kata Xavi. “Dan karena kami menyukai komponen Motogadget, kami memilih indikator ujung batangnya, pegangan aluminium mesin, sakelar mini, dan penghitung kecepatan Tiny Motogadget yang ada di atas mur kemudi.”

Motogadget akhirnya mensponsori proyek ini, dan menyediakan sepasang cermin 'tanpa kaca' revolusioner mereka dengan lensa aluminium yang dipoles untuk melengkapi bagian depan. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
niks motorcycles,
#
motor custom bmw r80,
#
motor custom,
#
bmw r80,
#
cafe racer