MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Yamaha Ungkap Alasan Hentikan Kerja Sama dengan Jonas

JAN 06, 2020@20:00 WIB | 124 Views

Lin Jarvis mengatakan tidak ada konsensus lanjutan untuk Yamaha dengan Jonas Folger. Hal itu adalah solusi yang tepat, meskipun Folger mengklaim masih memiliki kontrak.

Mantan pebalap Tech3 itu bergabung dengan tim uji coba Yamaha di Eropa pada awal 2019, tetapi ia hanya mengambil bagian dalam beberapa kesempatan dan dipecat bulan lalu meskipun masih terikat kontrak untuk 2020.

Yamaha kemudian membentuk tim uji Eropa agar sesuai dengan para pesaingnya, karena sebelumnya hanya memiliki tim uji yang berbasis di Jepang.

Jarvis mengaku bahwa Yamaha dan Folger tidak memiliki pemikiran yang sama dalam pembentukan tim uji Eropa.

"Kami memutuskan di Sepang setelah membuat perencanaan akhir kami untuk musim berikutnya... tentang apa yang akan kami lakukan untuk test-rider lain, untuk test-rider non-Jepang," kata Jarvis.

"Dan melihat pengalaman kami sebelumnya, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan Jonas karena kami tidak memiliki konsensus di dalam tim dan merasa solusi terbaik yang ada adalah berdiri masing-masing."

Jarvis mengatakan hal itu tidak menimbulkan kerugian bagi Yamaha yang membutuhkan seorang pebalap yang memiliki kecepatan dan juga menjadi jembatan untuk kesenjangan dalam hal umpan balik antara tim uji yang berbasis di Jepang.

Dia mengatakan Yamaha juga akan memiliki dua tim uji terpisah yang mendukung antar unit.

Tim berbasis Jepang dipimpin oleh Kohta Nozane dan Katsuyuki Nakasuaga, dan akan menjalani uji coba di Jepang dan Eropa, ditambah dengan perekrutan satu penguji dari non-Jepang.

Beberapa rumor mengungkapkan akhir tahun lalu bahwa Jorge Lorenzo telah ditawari kontrak untuk kembali ke Yamaha pada 2020.

"2020 adalah tahun yang sangat penting bagi kami dalam mengembangkan teknologi tertentu, terutama pada mesinnya," tambah Jarvis.

"Jadi, salah satu masalah yang kami temukan tahun lalu adalah cara kami menguji di Eropa dan di Jepang dengan sekelompok orang yang berbeda.

"Hal itu membuat kami sulit untuk membandingkan informasi yang sama, umpan balik yang sama, interpretasi yang sama karena Anda memiliki metode kerja yang berbeda dan pendekatan yang berbeda.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
yamaha,
#
jonas folger