MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Virtual Race MotoGP, Balapan Pengganti di Tengah Pandemi

APR 22, 2020@14:55 WIB | 378 Views

Pada Maret lalu, MotoGP resmi mengadakan Virtual Race perdana dengan line-up bertabur bintang yang dipimpin oleh orang-orang seperti Marc Marquez (Repsol Honda) dan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha) yang akan kembali ke lintasan secara virtual.

Para pembalap profesional yang terbiasa bersaing di lintasan asli, kali ini diharuskan melakukan balapan secara digital yang dimulai di Autodromo del Mugello dan panjang lomba adalah enam lap. Sebelum balapan dimulai, sesi kualifikasi dalam waktu lima menit dalam ‘time attack mode’ akan menentukan posisi grid.

Acara perdana disiarkan secara penuh pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2020, dengan kualifikasi ditampilkan sebelum perlombaan. Para penggemar pun dapat menonton di motogp.com dan esport.motogp.com, kemudian juga melalui siaran TV yang dipilih dan di seluruh platform media sosial termasuk YouTube (melalui saluran MotoGP dan MotoGP eSport), MotoGP eSport Twitter, Instagram, dan Facebook (melalui MotoGP dan laman eSport MotoGP).

Sedangkan untuk hak siar mencakup SKY di Italia, Canal + di Prancis, DAZN di Spanyol dan DACHS, BT Sport di Inggris, Servus di Austria dan Jerman, Eurosport di Belanda, OTE di Yunani, SwissTV di Swiss, Viasat di Swedia, Pop di Slovenia, SportTV di Portugal, Sport5 Israel, Sportklub di Serbia, MTV Finland, NBC di Amerika Serikat dan ESPN di negara-negara Amerika Latin.

Para pembalap pun diharuskan bermain melalui lobi "Race Direction" pribadi, mengatur untuk ‘invite’ setiap pembalap ke acara dan mengirim mereka pengaturan motor yang tersedia.

Pada balapan pertama yang diadakan di Mugello, Alex Marquez dan Francesco Bagnaia bersaing ketat untuk menjadi juara, yang pada akhirnya adik dari Marc pun berhasil menang dengan catatan waktu 10 menit 38,643 detik, sedangkan Bagnaia finish kedua dengan selisih waktu 7,093 detik. Dan melengkapi podium tiga besar, Vinales memiliki catatan waktu 10 menit 47,139 detik.

Kemudian pada balapan kedua yang diadakan di Red Bull Ring, dimana Francesco Bagnaia berhasil menebus kegagalannya sekaligus menaklukkan Alex Marquez dengan catatan waktu 13 menit 47,091 detik, diikuti oleh Maverick Vinales dengan selisih 0,074 detik serta podium terakhir yang diraih Alex Marquez. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Line-up pembalap Virtual Race MotoGP sejauh ini:

  • Tim Repsol Honda: Marc Marquez & Alex Marquez
  • Tim Ducati: Danilo Petrucci & Michele Pirro
  • Monster Energy Yamaha MotoGP: Valentino Rossi & Maverick Viñales
  • Petronas Yamaha SRT: Fabio Quartararo
  • Pramac Racing: Francesco Bagnaia
  • LCR Honda Idemitsu: Takaaki Nakagami
  • Reale Avintia Racing: Tito Rabat

Tags :

#
virtual race motogp,
#
marc marquez,
#
maverick viñales,
#
autodromo del mugello