MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Valentino Rossi Tanggapi Perubahan Teknologi di Dunia Balap

MAR 20, 2020@12:00 WIB | 186 Views

Setelah memulai kariernya dengan pakaian balap berjenis kulit dan sepatu bot gaya motorcross, Valentino Rossi telah melihat sebagian besar perubahan dalam pengembangan teknologi balap dan satu fitur yang membuatnya terkesan adalah perangkat keselamatan airbag 'RoboCop'.

Rossi, seorang atlet Dainese seumur hidup, telah memberikan merek pakaian olahraga Italia tur 'Ruang Rahasia' di mana ia menyimpan dan menampilkan semua pakaian balapan, perlengkapan dan helm yang direntangkan ketika ia pertama memulai balapan pada tahun 1993. Dalam seri video yang dirilis oleh Dainese, juara dunia sembilan kali itu memberi wawasan tentang bagaimana pakaian balapan yang dikenakannya telah berubah drastis dan bagaimana ia beradaptasi dengannya.

Pebalap asal Italia itu memperkenalkan airbag dalam setelan balap sebagai pengembangan utama yang dia akui awalnya tidak dia hargai karena desain pertama membawa bobot tambahan dan membuat gerakannya terbatas.

Tetapi karena teknologi telah meningkat dan Rossi telah menyesuaikan sistem, yang menjadi wajib bagi semua pebalap MotoGP pada tahun 2018, pria 41 tahun itu mengatakan bahwa pikirannya telah berubah tentang perangkat tersebut mengingat perlindungan tambahan yang diberikannya saat terjadi crash.

“Saat itu 2009 hingga 2010 ketika kami mengenakan setelan pertama dengan airbag. Semuanya berubah, seluruh sistem airbag berada di depan dan Anda bisa melihatnya, tidak seperti pakaian hari ini, ketika Anda tidak bisa melihatnya sama sekali. Punuk jas juga telah berubah. Itu harus menahan seluruh sistem di dalam, dan seluruh unit control,” katanya.

"Itu adalah langkah besar ke depan dan jika saya jujur, pada awalnya saya tidak sepenuhnya mengerti karena sepertinya tidak memberikan dampak besar.

“Namun, selama bertahun-tahun Dainese benar-benar memperbaiki sistem dan sekarang Anda bahkan tidak memperhatikan apakah setelan itu memiliki airbag atau tidak. Tapi itu memberikan tingkat keamanan yang luar biasa, karena ketika Anda jatuh, bahkan jika Anda merasa baik-baik saja, hari berikutnya ketika Anda bangun di pagi hari semuanya terasa sakit.

"Tapi dengan setelan ini, semuanya ada di pundak dan tubuh bagian atas, itu benar-benar aman dan ada peningkatan luar biasa dalam hal keamanan."[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
yamaha,
#
valentino rossi