MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Valentino Rossi Khawatirkan Situasi Pasar Pembalap Untuk 2021

OCT 27, 2019@11:00 WIB | 822 Views

Valentino Rossi mengkhawatirkan situasi pasar pembalap MotoGP untuk musim 2021 yang bisa bergerak ‘terlalu cepat’. Kondisi tersebut akan memengaruhi keputusannya untuk pensiun dari dunia balap.

Juara tujuh kali MotoGP tersebut masih terikat kontrak dengan Yamaha hingga akhir 2020, tetapi siklus pasar pembalap sekarang ini menunjukkan bahwa kesepakatan untuk 2021 dan seterusnya kemungkinan besar akan dibuat awal musim depan, bahkan untuk beberapa kasus terjadi lebih cepat dari yang disebutkan.

Karena itu, Rossi harus mempercepat keputusan mengenai apakah musim 2020 akan menjadi yang terakhir bagi kariernya.

Pria asal Italia itu pun tidak mengesampingkan bertahan pada 2021, tetapi ia mengakui kondisi sekarang ini membuatnya perlu mengambil keputusan lebih cepat daripada yang ditargetkan sebelumnya.

"Itu bisa menjadi masalah bagi saya, karena musim depan pasar akan bergerak sangat cepat, atau mungkin terlalu cepat," kata Rossi. "Sangat sulit untuk memikirkan 2021 ketika 2020 baru dimulai.

"Fakta bahwa kami selalu menandatangani kontrak dua tahun sekaligus bukanlah hal buruk, masalahnya adalah kami harus melihat perkembangan di enam atau tujuh balapan awal. Sangat sulit untuk memahami siapa yang kuat di MotoGP atau siapa yang siap untuk promosi dari Moto2.”

Rossi menambahkan bahwa salah satu faktor yang dapat meyakinkannya untuk bertahan di Yamaha adalah kesempatan untuk menjadi rekan setim Luca Marini (saudara dari Rossi) pada musim 2021.

Marini telah menunjukkan performa luar biasa di ajang Moto2 dengan tim VR46, dan berada di urutan keenam klasemen saat ini setelah menang di Thailand dan Jepang.

"Tentu saja itu akan sangat menyenangkan sekaligus menjadi kejutan," kata Rossi tentang potensi untuk bekerja sama dengan Marini.

"Yang penting adalah Luca terus melakukannya dengan baik di akhir musim ini dan awal musim depan. Karena jika dia konsisten, dia dapat menemukan motor yang sangat baik di MotoGP untuk 2021. Dan jika saya masih di sana, itu bisa jadi balapan yang menyenangkan.”

GP Australia akhir pekan ini (27/10/2019) akan menandai grand prix ke-400 Rossi di semua kelas, 23 tahun sejak menjalani debut di kelas 125cc pada tahun 1996.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
valentino rossi,
#
yamaha