MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Tanpa Kemenangan di MotoGP, Joan Mir tak Khawatirkan Status Juara Bertahan

MAY 05, 2021@08:00 WIB | 203 Views

Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar mengaku ‘tidak khawatir’ tentang awal musim tanpa kemenangan dalam mempertahankan gelar MotoGP.

Mir menjadi juara dunia pertama yang memulai musim mempertahankan gelarnya tanpa naik podium sejak Nicky Hayden pada 2007, ketika ia disalip untuk finish ke-2 di GP Qatar oleh Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Pembalap Suzuki itu akhirnya berhasil mencapai podium di posisike-3 di Portugal, tetapi hanya bisa melanjutkannya dengan posisi ke-5 pada GP Spanyol akhir pekan lalu di Jerez.

Meskipun demikian, Mir hanya terpaut 17 poin dari pemuncak klasemen (Bagnaia) dan menempati posisi ke-4 dalam klasemen dan yakin dia akan mengambil hasil maksimal. "Saya sama sekali tidak khawatir tentang gelar, karena saya tidak melihat poin secara keseluruhan," kata Mir.

“Sekarang saya memberikan segalanya di setiap balapan, mendapatkan poin maksimum setiap pekan, kami melihat ada pembalap yang lebih kuat. Saya sudah memprediksi awal musim seperti ini, bahkan lebih sulit.

“Saya bisa memenangkan kejuaraan dunia tahun lalu dan saya jauh lebih lambat di Jerez, harganya jauh lebih mahal.

“Saya berjuang untuk podium di Qatar, kami naik podiumdi Portimao. Sepertinya saya mengalami musim yang baik. Jadi apa yang diharapkan selanjutnya? Kami melakukannya dengan baik karena tujuannya adalah untuk memberikan 100% di setiap balapan dan saat ini yang maksimal adalah menjadi yang kelima.”

Mir mengatakan balapan di Jerez dikompromikan oleh kurangnya kecepatan tertinggi Suzuki, yang berarti dia berjuang untuk mendobrak ‘tembok besar’ saat pengereman, dan menganggap bahwa Jack Miller tidak memiliki kecepatan yang superior.

“Di Jerez, semua orang mengalaminya, tapi itu mungkin terjadi dengan Yamaha dan Suzuki karena kita mungkin tidak memiliki kekuatan untuk menyalip,” jelasnya.

“Kemudian menghentikan motor di waktu yang tepat seperti sebuah dinding. Setengah detik di belakang beberapa pembalap, ada dinding di mana Anda tidak dapat menghentikan motor karena terlalu panas di bagian depan dan sepertinya ada sesuatu yang tidak bisa digunakan.

“Memang agak membuat frustrasi, tetapi hal ini bukan pertama kalinya di Jerez, terutama dengan suhu yang panas. Kami harus meningkatkan kualifikasi karena saya 100% yakin jika tidak ada orang di depan saya, dan saya bisa lebih meningkatkan waktu per lap.

“Jack (Miller) mungkin tidak memiliki kecepatan yang lebih baik dari kami. Dia mengalahkan kami dengan kecerdasan.” [black/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
joan mir,
#
motogp 2021,
#
pembalap suzuki ecstar,
#
juara bertahan motogp