MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Suzuki Ungkap Joan Mir Masih Perlu Berkembang

JAN 18, 2021@15:30 WIB | 181 Views

Joan Mir baru menjalani musim keduanya di kelas utama dan tahun kelima kompetisi balap, berarti Suzuki yakin yang terbaik dari juara dunia 2020 tersebut akan ditunjukkan.

Pembalap asal Spanyol, 23, memulai musim lalu tidak lebih tinggi dari posisi kelima selama menjadi pembalap rookie yang terganggu cedera, kemudian gagal finish dua dari tiga balapan pembuka.

Tapi rentetan hasil buruk itu tertutup dengan posisi podium di Austria. Serangkaian podium lebih lanjut membawanya meraih gelar juara enam putaran kemudian dan setelah meraih kemenangan MotoGP pertamanya di putaran Valencia, Mir membawa Suzuki sukses di MotoGP, hal yang dinantikan sejak tahun 2000.

"Ya, tentu saja," kata pemimpin proyek Suzuki, Shinichi Sahara, ketika ditanya apakah masih ada potensi besar dari Joan Mir.

"Dia masih muda dan baru akan memulai musim ketiganya bersama kami, jadi masih ada margin besar untuk mengetahui motor, tim, dan untuk terus berkembang.

"Saya kira setelah memenangkan kejuaraan, dia juga menjadi dewasa dan dia tahu bagaimana menghadapi tekanan.”

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana memperkuat kombinasi Mir-Suzuki akan dibandingkan dengan kembalinya Marc Marquez dan Honda, kekuatan dominan di MotoGP sejak 2013.

Marquez absen sepanjang musim lalu karena komplikasi pada lengan kanannya yang patah dan masih terlihat diragukan untuk menjalani uji coba pra-musim 2021.

Juga cedera pada pembuka musim 2020 di Jerez adalah rekan setim Mir, yaitu Alex Rins.

Pembalap berkebangsaan Spanyol itu telah menjadi pemenang balapan ganda tahun sebelumnya dan tetap pembalap dengan motor GSX-RR teratas dalam ketiga uji coba pra-musim, tetapi bahu yang terkilir dan retak menghambat untuk memperjuangkan gelar.

Meskipun demikian, Rins adalah pembalap Suzuki pertama yang memenangkan perlombaan musim lalu di Aragon, saat ia naik ke posisi ketiga dalam klasifikasi terakhir.

“Kami akan melihat bagaimana Rins menjadi lebih kuat juga, bertarung dengan rekan satu timnya,” kata Sahara. "Sayangnya, tahun lalu dia dalam kondisi sangat baik dan kemudian dia cedera, jadi ini banyak mempengaruhi penampilannya sepanjang musim.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
joan mir,
#
motogp 2021,
#
suzuki