MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Quartararo Sebut Para Pembalap Harus Yakin Yamaha Bakal Perbaiki Kekurangan

DEC 26, 2020@06:00 WIB | 239 Views

Fabio Quartararo mengatakan semua pembalap Yamaha harus "percaya" bahwa pabrikan itu dapat menyelesaikan masalah yang mengganggu musim 2020 dan membuatnya kehilangan kesempatan untuk merebut gelar juara dunia.

Yamaha mengakhiri tahun 2020 dengan kemenangan terbanyak dari pabrikan mana pun (7 kemenangan), meskipun tiga di antaranya memang berasal dari Franco Morbidelli yang menggunakan motor M1 dengan spesifikasi yang lebih lama, dengan pembalap Italia itu juga menjadi pembalap terbaik Yamaha di klasemen kejuaraan terakhir (runner-up).

Rekan setimnya di Petronas SRT, Quartararo, memimpin klasemen dalam sembilan putaran awal setelah meraih tiga kemenangan, tetapi merosot dari posisi pertama menjadi kedelapan dalam klasemen kejuaraan setelah lima balapan terakhir.

M1 2020 terbukti sangat tidak konsisten, dengan motor yang mengalami masalah grip belakang Yamaha seperti sebelumnya dan kurangnya putaran relatif terhadap tunggangan 'A-spec' pendahulunya.

Quartararo akan naik ke skuat pabrikan bersama Maverick Vinales tahun depan, dan mengatakan semua pembalap Yamaha harus memiliki "kepercayaan" pada kemampuan teknik pabrikan Jepang.

"Saya tidak memiliki banyak pengalaman di MotoGP, tapi saya pikir saya memiliki ide yang bagus tentang apa yang harus saya katakan kepada Yamaha, apa yang bisa kami tingkatkan dan saya pikir kami hanya perlu percaya pada mereka," kata Quartararo.

"Juga bagus untuk memberi tahu mereka bahwa motornya tidak bagus, mereka perlu bekerja, tetapi kami juga harus percaya bahwa mereka membuat motor yang cukup bagus di masa lalu dan bagi saya tahun lalu adalah contoh terbaik karena ini adalah musim perdana saya.

"Saya pikir kami harus memiliki kepercayaan pada mereka, memberi tahu mereka ide-ide kami dan kemudian saya pikir itu akan menjadi penting bagi kami untuk percaya pada proyek ini.

"Jadi, akan menguntungkan menjadi pembalap pabrik dan tidak sabar untuk berada di sana dan mengadakan pertemuan untuk mempelajari ide-ide saya."

Ketika ditanya apakah mungkin bagi Yamaha untuk membalikkan keadaan pada 2021 setelah berjuang melawan masalah yang sama dalam beberapa tahun terakhir, Quartararo menambahkan: "Ada solusinya. Motor tahun lalu bekerja dengan sangat baik.

"Juga, saya tidak mengendarai motor 2017, tapi dia (Vinales) mengatakan motornya bekerja dengan sangat baik.

"Jadi ada solusinya. Mereka hanya perlu menemukan cara untuk memperbaiki apa yang kami perjuangkan, dan saya pikir cukup jelas kami kehilangan kendali di tikungan dan grip belakang.

"Mereka hanya perlu mengerjakannya dan menganalisis. Tapi saya pikir Yamaha sangat termotivasi karena mereka melihat motor 2020 di balapan terakhir adalah bencana bagi semua orang. Kami hanya perlu mendukung dan percaya.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fabio quartararo,
#
motogp 2021,
#
yamaha