MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Pol Espargaro Bakal Merapat ke Honda Tahun 2021?

JUN 08, 2020@14:30 WIB | 279 Views

Beberapa rumor yang berkembang menyatakan bahwa Pol Espargaro akan meninggalkan KTM pada akhir tahun ini dan bergabung dengan Marc Marquez di pabrikan Honda untuk MotoGP musim 2021.

Juara dunia Moto2 2013 itu melakukan debut MotoGP pada tahun 2014 dengan tim Yamaha Tech3, sebelum pindah ke KTM untuk menjadi pembalap utama di tahun 2017.

Sebagai pembalap KTM, dia mengamankan podium pertamanya di trek Valencia pada tahun 2018 dan menempatkan (motor) RC16 ke barisan depan di trek Misano tahun lalu, dan pihak KTM baru-baru ini menyatakan niat untuk mempertahankan pembalap Spanyol tersebut.

Terkait dengan kepindahan ke Ducati, peluang ini dipastikan tertutup minggu lalu ketika pabrikan asal Italia mengonfirmasi Jack Miller akan dipromosikan dari tim Pramac.

Meskipun krusi kedua Ducati belum dipastikan, Andrea Dovizioso kemungkinan besar bakal bertahan.

Espargaro telah dikaitkan dengan Honda dalam beberapa pekan terakhir, tetapi ini tampaknya tidak mungkin karena Marquez telah menandatangani kontrak baru dengan HRC dan pabrikan tersebut juga mengamankan jasa Alex untuk tahun 2021.

Namun situasinya telah berubah dan Espargaro sekarang akan menandatangani kontrak dua tahun dengan tim pabrikan Honda, setelah mengkonfirmasi kepergiannya dari KTM pada akhir tahun ini.

Hal tersebut tentu saja menjadi masalah besar bagi KTM untuk mempersiapkan musim 2021, setelah tersiar kabar pada Rabu lalu (3/6/2020) bahwa Jorge Martin (pembalap Moto2) memutuskan hengkang dari KTM untuk bergabung dengan Francesco Bagnaia di tim Pramac tahun depan.

Sedangkan Alex Marquez yang sempat menyatakan tekad tetap bersama Honda untuk 2021, tampaknya akan dialihkan ke tim LCR Honda dan diberikan dukungan penuh oleh pabrikan.

Tapi hal ini hanya akan terjadi jika LCR Honda berani mengorbankan salah satu antara Cal Crutchlow atau Takaaki Nakagami.

Karena Nakagami didukung Idemitsu, tim yang dibuat khusus untuk pembalap Jepang, hal ini membuat masa depan Crutchlow diragukan meskipun dia sempat menyatakan masih ingin berkarir di MotoGP.

Pekan lalu Aleix Espargaro mengkonfirmasi bahwa ia hampir mencapai kesepakatan baru dengan Aprilia untuk 2021, sementara Danilo Petrucci telah masuk ke dalam kerangka sebagai rekan setimnya.

Aprilia telah berulang kali menyatakan niat untuk mempertahankan Andrea Iannone yang saat ini menjalani sanksi doping. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pol espargaro,
#
honda,
#
motogp 2021,
#
marc marquez