MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Petronas Yamaha Beri Spesifikasi Motor Berbeda untuk Quartararo dan Morbidelli

FEB 09, 2020@10:00 WIB | 472 Views

Saat GP Malaysia akhir tahun lalu, diumumkan bahwa Fabio Quartararo akan menggunakan motor dengan mesin ‘A-Spec’ untuk musim 2020, seperti yang Franco Morbidelli miliki.

"Tim telah menerjunkan satu A-Spec dan satu B-Spec Yamaha YZR-M1 untuk debut MotoGP musim 2019. Perjanjian baru ini berarti bahwa Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo akan berjalan dengan mesin yang sama tahun depan," menurut pernyataan Yamaha.

Tetapi pada peluncuran tim, terungkap bahwa sebenarnya Fabio mendapatkan motor ‘Factory-spec’ dan juga A-spec’ untuk Franco.

Quartararo memiliki 7 podium, 6 pole position dan finis ke-5 di klasemen kejuaraan dunia selama menjalani status sebagai rookie. Sedangkan tahun kedua Morbidelli di kelas utama meraih finis terbaik ke-5 dan ke-10 di klasemen.

Perbedaan yang tepat antara paket Morbidelli dan pabrikan Yamaha untuk 2020 belum jelas, meskipun motor yang diluncurkan memiliki spesifikasi yang serupa.

Motor ‘B-Spec 2019’ dari Quartararo memiliki beberapa bagian spesifikasi yang lebih tua dan terdapat lima pergantian mesin, menghasilkan pengurangan 500rpm untuk memperpanjang umur mesin. Namun, selisih rev telah dihapus untuk lima putaran terakhir.

"Di MotoGP, kami menetapkan standar tertinggi pada 2019, jadi ada banyak tekanan eksternal dan motivasi untuk mengulang atau meningkatkan level kinerja ini," kata Razlan Razali (kepala tim Petronas Yamaha).

"Kami telah menargetkan peningkatan di setiap area tim tetapi kami sadar bahwa elemen yang tidak kami kendalikan adalah rival kami dan beberapa kemajuan yang telah mereka buat di sepanjang musim ini.

"Kami sangat ingin melihat semua orang keluar dari jalur di hari-hari yang akan datang di Sepang dan kami berusaha keras untuk mempersiapkan diri dengan cara terbaik untuk musim mendatang."

Manajer tim Petronas Yamaha Wilco Zeelenberg mengungkapkan bahwa tidak ada perubahan dalam kru MotoGP sehingga pekerjaan perlu dilakukan bersama.

"Secara khusus, saya ingin meningkatkan kecepatan balapan," kata Morbidelli. "Tahun lalu saya cepat dalam latihan dan dekat dengan pebalap top pada hari Jumat dan Sabtu, tetapi pada hari perlombaan segalanya menjadi berbeda. Pada tahun 2020 saya ingin meningkatkan ini.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
petronas,
#
yamaha,
#
fabio quartararo