MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Menang di MotoGP Qatar, Begini Strategi Maverick Vinales

MAR 30, 2021@10:00 WIB | 292 Views

Maverick Vinales memulai musim MotoGP 2021 dengan performa yang luar biasa saat ia meraih kemenangan di Grand Prix Qatar.

Setelah start ketiga di grid, pembalap Monster Energy Yamaha itu berada di urutan kedelapan pada akhir lap pertama, tetapi melesat melewati para pembalap didepannya dan meraih kemenangan ke-10 dalam karirnya di MotoGP.

Vinales sempat berbicara pada hari Sabtu (27/3/2021) setelah kualifikasi tentang strategi yang baik untuk balapanyang akan memainkan peran kunci.

Itu termasuk bekerja sama dengan rekan setimnya Fabio Quartararo. Keduanya melaju dari posisi keenam dan kedelapan di lap pertama, kemudian di posisi ketiga dan keempat di akhir lap empat, dan mampu mendekati para pembalap Ducati.

Namun, semuanya menjadi jelas sejak awal bahwa Vinales memiliki kecepatan lebih baik dari Quartararo dan hanya masalah waktu sebelum segalanya terjadi.

Berbicara tentang fase penting balapan, Vinales berkata: "Saya cukup nyaman di belakang Fabio karena saya bisa melihat Ducati tidak lebih cepat. Fabio menutup jarak dan saya berusaha menghemat ban sebanyak mungkin, terutama ban belakang.

"Dan dengan slipstream dari Fabio, kami menutup celah, jadi saya tidak mengambil terlalu banyak risiko, hanya ketika saya melihat bisa memiliki kesempatan untuk berjuang dan menyalip Fabio, Johann dan Pecco.

“Saya berjuang selama enam atau tujuh lap dan saya pikir hasilnya luar biasa.  Sejujurnya kami bekerja sangat baik dan di FP4 dengan ban bekas, kami mengerti kapan ban digunakan dan bagaimana cara mengatasinya."

Salah satu masalah yang tampaknya dimiliki Vinales pada tahun lalu adalah kurangnya cengkeraman. Tapi hal ini tidak lagi menjadi kendala.

Vinales sendiri tidak menyangka memiliki performa semacam ini setelah balapan Moto2, dengan mengatakan: "Ini adalah sesuatu yang tidak saya duga karena seperti yang Anda ketahui, setelah Moto2, level cengkeramannya menurun, tetapi sekarang saya memiliki cengkeraman yang baik.

"Itu pertanda bagus karena kami memperbaiki banyak masalah dari sebelumnya. Untuk balapan berikutnya saya punya beberapa ide, misalnya dengan bagaimana memaksimalkan ban di tikungan.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
maverick vinales,
#
motogp 2021,
#
motogp qatar 2021